Balikpapan

Bersama Tim Semarak Peduli Bencana, Lurah Muara Rapak Serahkan Bantuan Uang Tunai Untuk Korban Kebakaran

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Sebagai bentuk kepedulian kepada korban kebakaran yang terjadi di wilayah RT 13, KM 2, Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara beberapa waktu lalu, Kelurahan Muara Rapak bersama Tim Semarak peduli bencana kelurahan Muara Rapak menyalurkan bantuan berupa uang tunai senilai 37 Juta Rupiah, Jumat (18/03/2022).

Donasi ini terkumpul berkat sumbangsih para ketua RT dan warga Kelurahan Muara Rapak yang prihatin atas musibah tersebut. Dalam pemberian sumbangan di bagi dalam empat kriteria, hal ini dilakukan agar lebih profesional dalam pembagiannya.

Sebanyak 24 jiwa korban kebakaran yang menelan Empat korban jiwa dan Empat Rumah Toko (Ruko) tersebut, mendapatkan bantuan uang tunai yang diserahkan langsung oleh Lurah Muara Rapak, Bima Wibisono.

” Alhamdulillah bersama Tim Semarak Peduli bencana menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di RT 13,” kata Lurah Muara Rapak Bima Wibisono usai memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran.

Bima menyampaikan, penyerahan bantuan sebesar 37 juta dibagikan berdasarkan empat kriteria supaya bisa diberikan secara proposional.

” Kriteria pertama untuk korban meninggal diberikan santunan sebesar Rp 2 juta, kriteria kedua korban perjiwa diberikan santunan Rp 1 juta, Kriteria ketiga pemilik bangunan diberikan santunan Rp 2 juta dan Kriteria terakhir untuk Kartu keluarga (KK) prioritas yang memiliki anak sekolah mendapat tambahan Rp 1,2 Juta,” jelasnya

Bima mengatakan, Donasi telah disalurkan kepada para korban, untuk korban yang tidak sempat mengambil, bisa menghubungi satgas kelurahan maupun ketua RT 13 Muara Rapak.

” Mudah-mudahan donasi yang diberikan ini menjadi berkah dan dapat meringankan sedikit beban mereka”katan Bima.

Bima juga mengemukakan saat ini masih menunggu bantuan dari Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan sebagai bantuan uang sewa.

“Tadi sudah datang tim dari pemerintah kota untuk verifikasi data, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat terealisasi,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Semarak Peduli Bencana Muara Rapak Suroso mengatakan, bantuan donasi ini dihimpun mulai tanggal (9/3) melalui ketua RT dan warga Muara Rapak dan terkumpul donasi sebesar Rp 37 juta.

“Bantuan sudah kami didistribusikan kepada korban kebakaran hari ini,,”ungkapnya.

Suroso menyampaikan, Semarak Peduli Bencana akan tetap berkomitmen dan berkesinambungan untuk membantu korban yang terkena bencana, baik banjir, longsor dan kebakaran.

Dalam kesempatan ini Suroso mengingatkan warga Muara Rapak disaat cuaca ektrim seperti hujan maupun panas agar selalu waspada.

” Warga dihimbau untuk mengontrol peralatan yang berpotensi kebakaran dan saluran saluran sampah yang berpotensi banjir, agar tidak menyebabkan bencana,” jelasnya.

Untuk diketahui, Semarak peduli bencana Muara Rapak telah terbentuk dua tahun yang lalu. Berbagai donasi telah disalurkan kepada korban kebanjiran, gempa, kebakaran. Seperti membantu korban banjir di Kalimantan Selatan, Gempa di Palu, Membantu korban kebakaran di kelurahan Baru Ilir Balikpapan Barat dan untuk warga Muara Rapak yang terkena bencana kebakaran.

Reporter : Thin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

8 + 1 =

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?