DPRD Balikpapan

Kaum Ibu-ibu Mengeluhkan Mahalnya Harga Minyak Goreng dan Kelangkaan Gas Elpiji, Dalam Reses H. Kamaruddin

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Bergulirnya masa persidangan I Tahun 2022, membuat sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kembali ke daerah pemilihannya (Dapil) masing – masing untuk melakukan Serap Aspirasi (Reses) yang disampaikan warga masyarakat.

Seperti yang dilaksanakan anggota DPRD kota Balikpapan H. Kamaruddin Ibrahim kerap disapa H. Aco ini, menggelar reses di lingkungan RT 09, Kelurahan Baru Ulu, Kecamatan Balikpapan Tengah, kota Balikpapan.

Terjadinya kelangkaan Minyak Goreng dan Gas Elpiji 3 Kg menjadi pertanyaan sebagian warga RT 09, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat (Balbar) dalam pelaksanaan Serap Aspirasi (Reses) yang dilaksanakan Anggota DPRD Kota Balikpapan H Kamarudin Ibrahim atau karib disapa H Aco, Selasa (29/3/2022).

Berbagai keluhan disampaikan warga masyarakat kepada dirinya selaku wakil rakyat, salah satunya terkait kelangkaan minyak goreng dan Gas Elpiji 3 Kg.

Sebelum menanggapi keluhan warga H. Aco terlebih dahulu menjelaskan Apa itu kegiatan Reses kepada warga, agar warga sendiri mengetahui maksud dan tujuan kegiatan reses dilakukan.

H Aco Ibrahim menyampaikan bahwa reses ini merupakan bagian kegiatan yang dilakukan anggota DPRD untuk menyerap aspirasi warga di Dapil-nya masing-masing.

Dan reses menjadi wadah penting bagi warga untuk menyampaikan aspirasi dan keluhannya kepada wakil rakyat, untuk ditampung dan di perjuangkan di DPRD agar dapat terealisasi.

“Jadi kalau dulu saya meminta bapak/ibu untuk memilih saya, maka inilah saatnya saya datang meminta aspirasi dari bapak/ibu untuk saya perjuangkan didalam kegiatan saya di DPRD Balikpapan,” kata.H Aco.

Menyikapi langkanya minyak goreng dan gas elpiji. H Aco Ibrahim mengatakan masalah ini merupakan masalah nasional, artinya setiap daerah juga merasakan dampak yang sama.

Terjadinya kelangkaan minyak goreng dikarenakan harga jual diluar negeri sangat tinggi, ditambah harga Crude Palm Oil (CPO) yang menjadi bahan dasar minyak goreng juga mengalami kenaikan harga. Sehingga dimanfaatkan oleh mafia minyak untuk menjual keluar negeri.

“Itulah yang menyebabkan kelangkaan dan tingginya harga minyak goreng saat ini karena mengikuti harga pasar Internasional”katanya

“Namu keluhan Ibu-ibu ini saya akan tampung dan akan saya bawa ke DPRD untuk di diskusikan kepada instansi terkait”lanjutnya.

Selain mempertanyakan kelangkaan minyak dan gas elpiji, permasalahan air bersih (PDAM) juga menjadi masalah klasik yang sering disampaikan warga setiap Reses anggota DPRD Balikpapan.

Untuk air bersih PDAM H. Aco Ibrahim mengakui masalah PDAM dikawasan Balikpapan Barat selalu saja dikeluhkan warga, khususnya di kawasan Baru Ulu.

Politisi Partai Nasdem ini menyampaikan, kalau untuk pemasangan sambungan air bersih sudah ada solusinya, hanya saja permasalahan yang timbul setelah dipasang, air bersih juga tidak mengalir ke rumah-rumah warga yang berada diatas bukit.

“Jadi percuma saja, ada meteran airnya dirumah terpasang. Tapi airnya juga tidak mengalir,” jelas H Aco.

“Kita sudah sering tanyakan ke PDAM, ternyata khusus di Baru Ulu, pipa induknya memang sudah tua untuk itu sering terjadi kebocoran, ditambah lagi dibet air yang belum memadai”tuturnya

“Saya berharap PDAM dapat segera mencarikan solusinya agar warga, khususnya Baru Ulu dapat segera menikmati air bersih dengan nyaman”tambahnya.

Selian itu, kita juga mendapatkan masukan dari warga terkait sampah yang menumpuk di bawah rumah-rumah warga yang bermukim diatas air. Tapi tentu saja masukan ini sangat bagus, dan akan saya lanjutkan ke dinas terkait.

“Kalau dulu..sampah ketika air laut pasan dan surut tidak pernah tertinggal dikolong rumah warga, mungkin salah satu penyebabnya banyaknya pembangunan pelabuhan-pelabuhan arus air menjadi tertahan, sehingga sampah tidak larut dan ketika air surut tertinggal di kolong rumah warga,”bebernya

Terkait usulan warga baik itu drainase, jalan lingkungan , Gas Elpiji, pemasangan PDAM akan dirinya tampung dan di bawa ke DPRD untuk segera di perjuangkan agar dapat terealisasi.

“Saya akan mencoba berkoordinasi dengan Dinas-dinas terkait untuk memperjuangkan aspirasi para Ketua RT agar dapat terealisasi ” jelas H.Aco

“Semua aspirasi yang disampaikan warga kepada saya, nantinya saya akan bawa ke Rapat Paripurna DPRD Kota Balikpapan, untuk diperjuangkan agar dapat terealisasi”pungkasnya.

Reporter : Ags

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

27 − = 22

Back to top button
×