Balikpapan

Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit Melonjak Hingga Rp 100 Ribu Per Kilogram

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah daerah di Indonesia mengalami lonjakan yang signifikan tidak terkecuali di kota Balikpapan.

Seperti yang terpantau di pasar teradisional Kelandasan, Balikpapan Kota, harga cabai rawit mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir ini.

Harga cabai mengalami kenaikan hingga Rp 100 ribu per kilogram atau naik hingga mencapai hampir 100 persen dari biasanya.

Salah sorang pedagang sembako di pasar Klandasan, Murni mengatakan, bahwa saat ini harga eceran cabai rawit di Kota Balikpapan sedang melambung tinggi.

Dirinya mengaku menjual cabai rawit dengan harga Rp 100 ribu per kilogram. Naik tinggi dari biasanya yang pernah turun hingga Rp 30 ribu per kilogram.

“Pasokan juga cari-carian, sekarang tidak ada barang dan tidak ada kapal,” ujarnya.

Hal ini juga disampaikan oleh pedagang sembako lain, Sigit. Bahwa kenaikan harga cabai rawit sudah hampir dua kali lipat dari bulan sebelumnya.

Untuk saat ini, dirinya menjual cabai rawit dengar harga Rp 95 ribu per kilogram, naik dibandingkan bulan November lalu yang hanya Rp 50 ribu per kilogram.

Meski demikian kenaikan harga tersebut dia anggap biasa terjadi dengan beberapa alasan, mungkin dikarenakan kurang pemasoknya, jelang natal.

” Tapi sudah biasa di tiap tahun,” bebernya.

Namun dia terangkan, bahwa kenaikan yang terjadi masih dibawah harga yang pernah dicapai pada tahun lalu, yang sempat menyentuh angka hampir Rp 200 ribu per kilogram.

Sementara itu, komoditas lainnya yang mengalami kenaikan adalah wortel yang awal Rp 13 ribu per kilogram naik menjadi Rp 16 ribu per kilogram.

“Sedangkan untuk kebutuhan pokok lainnya, seperti minyak goreng yang sempat mengalami kenaikan sudah mulai menurun, dari harga semula yang sempat mencapai Rp 20 ribu per liter, turun menjadi Rp 18 ribu per liter,” tandasnya.

Reporter : Firman

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 1 =

Back to top button
×