Balikpapan

Safari Ramadhan 1443 H Resmi Dibuka Walikota Balikpapan, Ditandai Dengan Penyerahan Bantuan Dana Hibah

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar Safari Ramadhan 1443 H/ 2022 M yang dilaksanakan di Aula rumah jabatan Walikota Balikpapan, Jalan Syarifuddin Yoes pada Senin (4/4/2022) malam.

Kegiatan safari Ramadhan tersebut resmi dibuka langsung oleh Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud SE, yang ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada sejumlah Pondok Pesantren dan Bantuan Dana Hibah kepada sejumlah lembaga yakni LPTQ Kota Balikpapan, MUI Kota Balikpapan, FKUB Kota Balikpapan, dan Baznas Kota Balikpapan.

Hadir dalam pembukaan Safari Ramadhan didampingi dua Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle dan Budiono. Hadir pula pejabat dari Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Balikpapan, Kepala Kementerian Agama Balikpapan, KH. Jailani Mawardi, Pj Sekda Balikpapan Muhaimin, pejabat Pemkot Balikpapan serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Walikota Balikpapan Rahmad Masud mengajak seluruh warga Kota Balikpapan untuk memperbanyak sedekah di bulan suci Ramadhan 1443 H/2022 M.

“Saya mengajak semua warga meningkatkan kualitas ibadah, melatih kesabaran, termasuk memperbanyak bersedekah dan berbagi terhadap sesama,” ajak Rahmad Masud.

Walikota juga menyatakan Hampir dua tahun segala aktivitas dibatasi, kegiatan safari Ramadhan pun tidak dilakukan, namun, sekarang ini kegiatan masyarakat sudah mulai ada relaksasi.

“Tahun ini sudah kembali dilakukan dengan pembatasan-pembatasan. Tentunya kita berdoa agar keluarga, kota kita dan bangsa Indonesia bisa lepas dari covid-19. Biar covid mudik gak usah kembali lagi,” ujarnya.

Rahmad juga menyampaikan tentang perkembangan COVID-19 yang secara nasional terus mengalami penurunan, sehingga pemerintah baru dapat mengambil kebijakan memberi kelonggaran kepada masyarakat dengan memperbolehkan kegiatan buka puasa bersama dan salat berjamaah, meskipun tetap juga harus menerapkan protokol kesehatan.

“Saya mohon maaf juga, tadinya saya pikir diizinkan buka bersama, tapi ternyata dari kementerian, pemerintah juga tidak diperkenankan buka puasa bersama. Katanya boleh buka puasa bersama tapi gak boleh ngomong, akhirnya kita putuskan sama panitia kita salat Isya dan Tarawih berjamaah,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Rahmad Mas’ud mengajak kepala OPD, anggota DPRD untuk tak lupa menunaikan zakat dan infaq, sedekah. Mengingat situasi dunia yang sedang kurang menentu akibat adanya konflik perang Rusia dengan Ukraina mengakibatkan tekanan ekonomi yang berdampak kenaikan harga-harga.

“Kepada OPD dan DPRD mari kita saling mengingatkan perubahan kondisi dunia akibat perang tidak nyaman. Bapak Presiden mengingatkan semua kebutuhan pasti naik tentu tidak nyaman. Itu pilihan pahit pemerintah untuk jaga tingkat perekonomi walaupun pahit harus dilakukan. Maka yang banyak duit sedekah, InsyaAllah doa kita diijabah, ” ucapnya.

Kegiatan salat Isya dan Taraweh diimami KH Djaelani Mawardi sedangkan ceramah disampaikan Habib Muhdar Al Kadri yang juga Ketua MUI Kota Balikpapan.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 2

Back to top button
×