Balikpapan

Berjalan Demokratis, Juwadi Terpilih Kembali Sebagai Ketua RT 40

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Proses pemilihan ketua Rt 40 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang digelar Halaman salah satu rumah warga, berlangsung secara demokratis, Minggu (16/01/2022).

Budi Winarto selaku Ketua panitia pemilihan RT, menyatakan rasa syukur atas telah terlaksananya pemilihan ketua Rt 40 yang berlangsung sukses dan demokratis. Semua warga juga terlihat antusias dan tertib mengikuti tahapan tahapan pemilihan.

“Kita memberikan apresiasi kepada warga yang sudah mengikuti jalannya pemilihan ketua Rt ini. Kita melakukan pemilihan ketua Rt ini karena kepengurusan Rt yang lama sudah berakhir, sesuai surat dari kelurahan dan sudah sesuai undang-undang yang berlaku,”kata Budi.

Budi juga mengatakan, sebelum pemilihan pihaknya sudah membentuk panitia pemilihan yang melibatkan Remaja – remaja RT 40 dalam hal ini IRMA (Ikatan Remaja Masjid) di RT 40 dengan tujuan untuk melatih para remaja sebagai penerus bangsa untuk berdemokrasi.

Selain itu pihaknya juga telah menyampaikan surat undangan kepada warga sebelum pemilihan, dengan kesepakatan yang berlaku yakni satu KK hanya satu orang yang berhak memilih.

Budi juga menyampaikan sesuai dengan undang-undang setiap warga mempunyai hak untuk mencalonkan atau dicalonkan dan warga yang akan di calonkam maxsimal lima orang pendukung. Intinya calon harus siap menjadi ketua RT.

“Pemilihan ini dilakukan secara langsung, panitia dalam acara pemilihan ini bersifat netral berdasarkan seleksi penjaringan panitia ada dua nama orang calon nama yakni Juadi alias Komjen calon nomor urut 01 dan Muhammad Taufik Hidayat calon nomor urut 02″paparnya.

Berdasarkan hasil pemilihan, dari 183 Kartu Keluarga (KK) calon nomor urut 01 berhasil mendapatkan 119 suara dan Edi Candra nomor urut 02  mendapatkan 35 suara dan suara tidak sah 7. Dengan demikian pemilihan ketua RT 40 di menangkan nomor urut 01 yakni Juwadi alias Komjen.

Sementara itu, Ketua RT Juwadi (Komjend) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua warga yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk kembali menjadi ketua Rt 40.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak panitia yang terdiri para remaja Irma RT 40, telah sukses menggelar pemilihan ketua Rt ini secara demokratis

“Kita tetap satu bingkai dalam RT 40 Dalam pemilihan ini tidak ada saling membedakan dan saling menjatuhkan ini adalah demokrasi dimana setiap warga memiliki hak untuk memilih dan dipilih”kata Juwadi yang akrab disapa Komjend

“Dalam kesempatan ini , saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga RT 40 yang masih mempercayakan saya menjadi ketua kembali, insya Allah kedepan saya akan menjalankan tugas dan tanggung jawab ini lebih baik lagi serta selalu amanah demi kamajuan lingkungan RT 40” katanya.

Sementara itu salah seorang warga menyampaikan ucapan selamat kepada ketua Rt terpilih. Dia berharap semua warga dapat mendukung ketua Rt 40 terpilih dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Sebab peran Ketua RT pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan,”pungkas Giono.

Dalam pemilihan Ketua RT 40 di hadiri pihak Kelurahan, Ketua LPM Fauzi Adi Firmansyah, Duta Masker, Anggota LPM serta perwakilan Ketua RT Kelurahan Batu Ampar.

Reporter : ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + = 11

Back to top button
×