BalikpapanPemkot Balikpapan

Besok Penyambutan Rombongan Perahu Sandeq di Pantai Manggar, Terbuka untuk Pengunjung

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas), yakni penyambutan Perahu Sandeq di Pantai Segarasari Manggar akan berlangsung Selasa (7/9/2022) sore, pada pukul 15.00 Wita. Hingga saat ini rombongan masih dalam perjalanan menuju Balikpapan dari Sulawesi Barat (Sulbar).

Sebagai Koordinator Festival Sandeq untuk Kota Balikpapan, Staf Ahli Bidang Perekonomian Doortje Marpaung menuturkan, diperkirakan pesandeq akan tiba tanggal 07.00 Wita pagi. Sehingga prosesi penyambutan akan dilaksanakan sore harinya.

Rombongan Perahu Sandeq akan diterimakan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi bersama Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud. Sementara Pj Gubernur Sulbar pun sudah terlebih dahulu hadir di Kota Balikpapan dan telah melaksanakan pengecekan dan gladi resik di tempat kegiatan.

“Besok juga akan dihadiri undangan-undangan lainnya, termasuk Forkopimda Kota Balikpapan. Diharapkan seluruh Bupati se-Sulbar juga bisa hadir, sesuai arahan Pj Gubernur Sulbar,” harap Doortje (6/9/2022).

Nantinya perahu-perahu sandeq akan diparkirkan di tepi pantai Segarasari Manggar dan dapat dikunjungi masyarakat. Seperti biasa, masyarakat yang berwisata ke Pantai Manggar bisa sambil melihat-lihat dan berfoto bersama perahu-perahu yang jumlahnya mencapai puluhan.

“Silakan berkunjung. Pagi atau siang. Juga sore atau malam mulai besok sampai tanggal 9. Untuk umum masuk pantai bisa membayar seperti biasanya, cuma yang berbeda adalah perahu-perahu yang akan menghiasi bibir pantai,” terangnya.

Diperkirakan sandeq yang akan sandar di Pantai Manggar akan mencapai 70 unit. Sementara total rombongan diperkirakan mencapai 400-an orang. “Mereka juga membawa tim kesenian yang mencapai 175 orang. Nanti akan bermalam di Embarkasi,” ungkapnya.

Sementara para pesandeq akan menginap di tenda-tenda sekitar pantai atau pun di perahu mereka. “Karena memang mereka tidak bisa jauh dari kapal mereka. Jadi nanti ada yang tidur di kapal. Walaupun nanti tetap disiapkan tenda-tenda,” tuturnya.

Menurut Doortje, waktu tibanya perahu sandeq juga dipengaruhi oleh cuaca dan keadaan gelombang laut.

Sementara untuk kegiatan tanggal 9 September nanti akan dilaksanakan pukul 14.00 Wita atau setelah salat Jum’at. Pelaksanaan juga di Pantai Manggar. “Ini kami persiapkan dengan protokol kepresidenan. Namun nanti apakah RI1 atau RI2 yang datang, infonya akan menyusul,” imbuhnya.

Untuk kegiatan ini, akan ada para gubernur atau perwakilannya, se-Indonesia. Mereka telah diarahkan oleh Gubernur Sulbar untuk membawa produk khas daerah masing-masing.

“34 provinsi ya diperkirakan. Kami harap informasi bisa tersampaikan ke masyarakat dengan baik. Ini adalah salah satu dari rangkaian Haornas ke-39 tahun 2022 setelah sebelumnya sudah dilaksanakan Balikpapan Open 10K. Event ini telah ditetapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, bahwa Balikpapan sebagai tuan rumah untuk nasional,” jelas Doortje.

Selain itu surat dari Pj Gubernur Sulbar juga menyatakan akan ada event Sandeq sebagai rangkaian Haornas. Sehingga Pemerintah Kota Balikpapan mendukung kegiatan ini.

“Ini bentuk sinergi dan komunikasi dari seluruh daerah di Indonesia. Juga mengenalkan kehebatan pelaut Sulbar. Yang tidak kalah penting, ini adalah bentuk dukungan untuk IKN di Kaltim dari 34 provinsi,” tandasnya.

Sumber : (diskominfo/cha/mgm)
Reporter : NKE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 5 =

Back to top button
×