Balikpapan

Dewas Perumda Tirta Manuntung dan Manuntung Sukses Balikpapan Resmi di Lantik

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan secara resmi telah melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Manuntung Balikpapan dan Manuntung Sukses Balikpapan, Periode Tahun 2022-2026.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Dewas di dua Perumda milik Pemkot Balikpapan tersebut di pimpin langsung Wali kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, SE.ME, yang digelar di Aula Pemkot Balikpapan, Senin (13/6/2022).

Dilantiknya Dewas Perumda oleh Pemkot Balikpapan bertujuan untuk mendukung kinerja pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap dua Perumda milik Pemerintah Kota Balikpapan.

Dalam sambutanya Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan ucapan selamat kepada Dewan Pengawas (Dewas) Perumda yang telah dilantik dan diambil sumpahnya.

Rahmad berharap dengan dilantiknya Dewas Perumda Tirta Manuntung dan Manuntung Sukses dapat menunjukkan kinerja yang optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tentunya dengan harapan Dewas mampu untuk menunjukkan kinerja optimal dalam rangka mendorong pembenahan internal maupun eksternal perumda dalam peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya.

Terkait dengan Pelantikan Dewas Walikota Balikpapan menerangkan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Dewas Perumda ini juga merupakan pelaksanaan amanah yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 Tentang BUMD dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2018 tentang tata cara pemberhentian dan pengangkatan anggota Dewan Pengawas, komisaris dan direksi BUMD.

Adapun dalam proses seleksi calon anggota dewas Perumda sudah dilaksanakan dan sesuai dengan prosedur, dimana pemilihan calon anggota dewas perumda sepenuhnya diserahkan ke tim seleksi dan proses dilaksanakan dengan independen dan bebas dari intervensi.

Adapun tahapan untuk seleksi Dewas Perumda sendiri antara lain seleksi administrasi, penetapan bakal calon, uji kelayakan dan kepatutan, serta wawancara akhir dan penetapan bakal calon anggota dewas menjadi anggota dewas terpilih.

“Saya berharap, tentunya kinerja yang diamanahkan kepada Dewas Perumda akan mampu meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) bagi Pemkot Balikpapan. Sehingga apa yang menjadi keinginan kita semua untuk bersama- sama bergotong-royong meningkatkan PAD Kota Balikpapan akan terealisasi dengan baik,”beber Rahmad.

Dalam kesempatan ini Walikota Balikpapan juga mengingatkan kepada Dewas Perumda yang terpilih jika kinerjanya nanti akan diperhatikan dan jika tidak sesuai harapan dari Pemkot Balikpapan dengan terpaksa akan dievaluasi ulang.

“Sehingga berikanlah yang terbaik untuk Perumda yang bisa meningkatkan PAD Kota Balikpapan,” tandasnya.

Adapun Dewan Pengawas Perumda Tirta Manuntung Balikpapan yang telah dilantik yakni Muhaimin, ST, MT yang merupakan Pejabat Pemkot Balikpapan. Drs. Rusdhie A Gani T. Sanua dan A Supriadi S.Pi dari Independen.

Sementara untuk Anggota Dewas Perumda Manuntung Sukses yakni Agus Budi Prasetyo, SIP, MT yang merupakan Pejabat Pemkot Balikpapan, Andi Aktifuddin, SE dan Rosman, S.Ag dari Independen.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

98 − = 95

Back to top button
×