BalikpapanPemkot Balikpapan

Disdik Balikpapan Bangun SMPN 25 Sesuai Penetapan Lokasi

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, saat ini sedang tahap membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 25 Kelurahan Baru Tengah Kecamatan Balikpapan Barat sejak awal tahun 2022.

Namun, tak disangka dalam proses pembangunan ditemukan keluhan warga setempat yang belum menerima ganti rugi lahan yang sedang dibangun sekolah SMPN 25 dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Purnomo mengatakan, pihaknya hanya menjalankan perintah Wali kota Balikpapan berdasarkan Penetapan Lokasi bahwa SMPN 25 bisa didirikan.

“Dengan adanya perintah Walikota kita dirikan SMPN 25 disana,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (24/8/2022).

Adanya keluhan masyarakat mengenai status kepemilikan dan sebagainya itu menjadi kewenangan Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Balikpapan.

“Kita tunggu saja bagaimana tindaklanjut dari BPKAD. Kalau aset BPKAD dan kalau pendirian bangunan ada di kami,” ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan aturan lahan tersebut adalah milik Pemkot, karena ada penetapan lokasi dari Walikota.

“Kalau ada yang mengaku ya silahkan, nanti diteliti keabsahan suratnya dan sebagainya. Itu ada timnya di BPKAD,” terangnya.

Pembangunan SMPN 25 itu bertujuan untuk menambah ruang bagi lulusan SD untuk bisa masuk ke sekolah SMP. Seperti diketahui, persentase daya tampung sekolah SMP di Kota Balikpapan tidak sampai 50 persen dari lulusan SD.

“Kita disana buka tiga ruang belajar sebanyak 96 siswa. Alhamdulillah, sudah masuk,” ucapnya.

Purnomo berharap proyek pembangunan SMPN 25 yang dilakukan secara Multi Years dapat terselesaikan pada Desember 2022, sehingga dibulan Januari 2023 anak-anak bisa masuk ke sekolah tersebut. Untuk saat ini, para peserta didik masih dititipkan di sekolah SDN 004 Balikpapan Barat.

Reporter : NKE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 4 =

Back to top button
×