BalikpapanPemkot Balikpapan

Disperkim Sosialisasi Tata Cara Penyerahan PSU Untuk Tingkatkan Kualitas Lingkungan

BALIKPAPAN, Oamungkasnews.id – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) menggelar Sosialisasi Tata Cara Penyerahan PSU Perumahan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, sekaligus Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022, di Hotel Platinum Balikpapan, Kamis (18/8/2022).

Kepala Disperkim Balikpapan Arfiansyah mewakili Walikota Balikpapan H Rahmad Mas’ud membuka kegiatan sosialisasi tersebut .

Dalam peringati Hari Perumahan Nasional Tahun 2022 mengusung tema Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak dan Terjangkau untuk Semua. Tema tersebut memiliki makna sudah selayaknya bagi yang berkecimpung langsung dan memiliki andil besar dalam sektor pengembangan perumahan.

Ia menjelaskan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) memiliki nilai penting dalam meningkatkan kualitas lingkungan, sekaligus menjadi tempat bagi masyarakat untuk bersosialisasi. Dengan diserahkan PSU kepada Pemerintah bisa menjadi nilai tambah bagi perumahan yang bisa digunakan dimasa depan.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Balikpapan mengatasi kendala yang sering dihadapi, dalam proses penyerahan PSU dari pengembang perumahan kepada Pemerintah Kota Balikpapan.

Kepala Disperkim Balikpapan Arfiansyah saat membuka Sosialisasi Tata Cara Penyerahan PSU Perumahan kepada Pemerintah Kota Balikpapan, di Botel Platinum Balikpapan, Kamis (18/8/2022).

Dengan merevisi peraturan daerah Kota Balikpapan nomor 5 tahun 2013 dengan menambahkan pasal-pasal yang dapat membantu pihak-pihak terkait, untuk memiliki acuan yang lebih komprehensif dalam proses pelaksanaan PSU.

Hal itu guna meningkatkan kesadaran pengembang melakukan penyerahan PSU di tingkat daerah, sehingga Pemerintah Daerah melibatkan DPRD, LSM, Ketua RT, Perguruan Tinggi termasuk media massa.

“Semoga sosialisasi ini menjadi salah satu instrumen strategis yang mampu mensinergikan peran masing-masing secara optimal, sehingga bisa bekerjasama dalam percepatan proses penyelenggaraan PSU kepada Pemerintah Kota Balikpapan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Panitia Penyelenggara, Kurniawati mengatakan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang sangat penting, untuk mengedukasi para pengembang perumahan dan unsur penunjang lainnya terkait pentingnya penyerahan PSU kepada Pemkot Balikpapan.

“Mari kita bersama-sama menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab kita bersama, bagi Pemerintah Kota maupun pengembang perumahan,” serunya.

Disperkim Kota Balikpapan bersama Kantor Pertanahan Kota Balikpapan sebelum memulai sosialisasi melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Sertipikasi Tanah Barang Milik Daerah (BMD) Perolehan dari Pihak Ketiga untuk Prasarana Sarana dan Utilitas Umum.

Kegiatan dihadiri sekitar 150 undangan yang terdiri dari 100 para pengembang dan 50 peserta unsur SKPD.

Reporter : NKE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 2 =

Back to top button
×