Balikpapan

DPOP Balikpapan Gelar Uji Kompetensi Pemandu Wisata Muda Balikpapan

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan (DPOP) dan Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Penguji (LSP) Anging Mammiri menggelar kegiatan Sertifikasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Pemandu Wisata pada Rabu, 29Juli 2022.

Bertempat di Ruang Meeting Quest Hotel Balikpapan, kegiatan uji kompetensi yang di selenggarakan dalam waktu 1 hari ini, diikuti oleh 30 peserta, diantaranya sudah berprofesi sebagai pemandu wisata yang belum bersertifikat.

Kepala Bidang Pariwisata, Abdul Majid mengatakan tujuan dari kegiatan sertifikasi ini bukan hanya sekedar sertifikasi saja, tetapi juga ujian untuk melihat kemampuan dari peserta dan kelayakan sebagai pemandu wisata sekaligus membekali peserta ujian ini siap secara legalitas agar kedepannya para pemandu wisata atau Tour Guide ini tidak hanya menjadi Tour Guide liar.

“kegiatan hari ini sebenarnya bukan hanya sertifikat semata, tapi juga merupakan ujian bagi para pemandu wisata yang ada di balikpapan agar lebih terarah dan tidak menjadi Tour Guide Liar dan apakah para peserta ujian ini benar benar layak menjadi pemandu wisata”,kata Abdul Majid saat ditemui awak Media disela kesibukannya, Kamis (30/06/2022).

Majid pun menjelaskan, Untuk jenjang karir bagi pemandu wisata itu sendiri jika sudah memiliki sertifikat dan konsisten dengan pekerjaan nya sebagai pemandu wisata, tidak menutup kemungkinan para pemandu wisata atau Tour Guide ini akan menjadi tim penguji, seorang asessor atau bahkan bisa naik menjadi TOT (Training Of Trainer) khusus bidang pariwisata.

“nantinya jika para peserta ini konsisten menjalankan profesi nya sebagai Tour Guide, tidak menutup kemungkinan mereka ini akan menjadi salah satu dari Tim Penguji seperti LSP atau bahkan bisa menjadi assesor dan TOT”, papar Majid.

Sebagai Informasi, syarat untuk mengikuti Ujian Kompentesi Sertifikasi ini terbuka untuk umum dengan persyaratan minimal lulusan SMA dan memiliki Ijazah serta sudah pernah mengikuti Training Guide.

“syarat untuk mengikuti Uji Kompetensi Pemandu Wisata ini ya minimal lulusan SMA dan memiliki Ijazah serta sudah pernah mengikuti Training Guide sebelumnya”, tutup Majid.

Reporter : Ria

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

− 1 = 1

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?