Balikpapan

Guna Meningkatkan SDM di Bidang Perhotelan, SMKN 4 Berkerja Sama Dengan Hotel Blue Sky Balikpapan Menggelar Kegiatan Sinkronisasi Kurikulum

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Era perubahan yang cepat di dunia kerja, diakibatkan dari dampak globalisasi dunia kerja dan revolusi di bidang teknologi. Hal ini lah yang membuat perlu dilakukan penyusunan / sinkronisasi kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bersama Pemerintah dan pihak industri.

Sinkronisasi kurikulum penting dilakukan guna penyelarasan kurikulum agar dunia pendidikan tidak terpisah dari dunia kerja yang nyata di masyarakat. Disamping itu, ini dilakukan untuk memberikan relevansi terhadap kurikulum tersebut.

Dengan dilakukanya sinkronisasi kurikulum, nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan SMK dan meningkatkan serapannya dalam sektor industri.

Seperti yang digelar di auditorium Hotel Blue Sky, SMKN 4 yang bekerja sama dengan Hotel Blue Sky kota Balikpapan melaksanakan sinkronisasi penyelarasan kurikulum tahun 2022.

“Ya kegiatan ini untuk menyelaraskan antara kurikulum Pemerintah dengan kebutuhan di sektor Industri terkhusus Hotel Blue Sky”ujar Kepala Sekolah SMK 4, Emilia Monalita, Mpd kepada awak media, Rabu (14/09/2022).

Emilia menyebut saat ini SMKN 4 telah memiliki kelas Industri dengan pihak Blue Sky, untuk itu pihaknya terus melakukan sinkronisasi kurikulum agar dapat memenuhi kebutuhan dunia Perhotelan dengan kurikulum yang ada.

“Mana yang harus dikurangi, dan mana yang harus ditambahkan agar kualitas dan kompetensi lulusan SMK khusunya SMKN 4, sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dengan jumlah industri”bebernya

Disinggung terkait kontribusi pihak Hotel Blue Sky kepada SMKN 4, Emilia mengungkapkan bahwa Hotel Blue Sky adalah hotel yang pertama kali dan satu-satunya yang merangkul SMKN 4 untuk memenuhi kelas Industri terkusus di dunia Perhotelan dan Restoran.

“Wow…kontribusi Hotel Blue Sky sangat luar biasa tidak usah diragukan lagi, pasalnya Hotel Blue Sky, hotel yang pertama kali marangkul kami akan kebutuhan kelas Industri hingga sekarang ini”tuturnya.

Ditempat yang sama General Manager Blue Sky Hotel, Danuri Efendi yang hadir dalam kegiatan Sinkronisasi Kurikulum SMKN 4 mengatakan pihaknya mendukung para pelajar SMK di Balikpapan terkusus SMKN 4 dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia dan siap untuk terjun ke dunia perhotelan.

“Kegiatan ini Sebagai bentuk upaya Hotel Blue Sky kota Balikpapan dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama di bidang perhotelan dan restoran terkusus di kota Balikpapan” kata Danuri

“Disamping itu dengan kegiatan ini Ketersediaan tenaga kerja terlatih dan terampil siap terjun didunia perhotelan yang kami butuhkan bisa terpenuhi”lanjutnya.

Sementara itu HR Manager Blue Sky Hotel, Joko Ismanto juga mengatakan Sinkronisasi ini bertujuan menyelaraskan kualitas dari para pelajar yang dipersiapkan terjun bekerja ke dunia perhotelan.

“Dengan kegiatan ini kami akan mencoba membantu mempersiapkan SDM lokal untuk dapat mengembangkan skill-nya dalam dunia perhotelan,”tandasnya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

61 − 59 =

Back to top button
×