Balikpapan

Kota Balikpapan Sebagai Penyanggah IKN, Pemkot Berharap Porsi Anggaran Untuk Jalan Kewenangan Pemerintah Pusat di Tambah

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Ditetapkanya Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), membuat kota Balikpapan harus terus berbenah, mengingat kota Balikpapan merupakan Penyanggah IKN Nusantara.

Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan berharap porsi anggaran untuk jalan poros yang menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semakin ditambah.

Hal tersebut disampaikan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan Muhaimin. Dirinya mengatakan, alasan penanganan jalan dianggap menjadi skala prioritas. Hal itu, dikarenakan banyaknya penduduk yang akan masuk ke Balikpapan.

Sehingga Pemkot Balikpapan menilai, pemeliharaan jalan akan semakin rutin, apalagi ditambah dengan kendaraan yang semakin banyak, tentu juga akan berdampak pada kerusakan jalan.

” Untuk itu, perlu agar di jalan-jalan tertentu yang menjadi kewenangan APBN, bukan hanya melakukan pemeliharaan dan perbaikan. Tapi bisa jadi harus melakukan pelebaran jalan dan perbaikan drainasenya. Karena bisa jadi jalan yang sekarang sudah overload (beban berlebihan) tidak mampu untuk menampung kendaraan,” ujarnya kepada awak Media, Rabu (15/06/2022).

Dalam hal ini Muhaimin berharap, kepada pemerintah pusat agar porsi anggaran di daerah agar lebih tinggi. Pasalnya selama ini jarang diberikan, hanya sekedar Dana Insentif Daerah (DID) yang dinilai kecil. Karena mungkin dianggap mampu mengelola anggaran dan kerap mendapatkan WTP.

Menurutnya perlu ada formulasi khusus karena Balikpapan sebagai penyangga IKN dan infrastruktur Balikpapan akan menjadi paling berat. Karena memang tamu semakin banyak yang datang kemudian masyarakat semakin bertambah.

” Mudah-mudahan porsi anggaran untuk jalan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat yang didanai dengan APBN semakin ditambah,” jelasnya.

Bahkan dalam hal ini Muhaimin katakan, setiap tahun Pemkot Balikpapan mengusulkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Nasional dan musrenbang di tingkat Provinsi, untuk dapat dapat memberikan perhatian, seperti Jalan Pendekat dan jalan di KIK.

“Hanya tinggal formulasi anggaran saja, kami harapkan berpihak untuk kota Balikpapan,”tandasnya.

Reporter : Ok

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 7

Back to top button
×