Balikpapan

Lantik 9 DPC, DPP Laung Kuning Kaltim Bertolak ke Kalsel

 

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Organisasi Masyarakat (Ormas) Daerah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Laung Kuning Rakat Badingsanak Kalimantan Timur (Kaltim) mulai melebarkan sayap ke setiap Provinsi di wilayah Kalimantan.

Ormas daerah suku Banjar yang dibentuk sejak 1 Maret 2022 ini merupakan sebuah wadah untuk mempersatukan orang-orang suku Banjar di wilayah Kalimantan, untuk tetap menjalin silaturahmi dan menjaga kerukunan serta adat dan budayanya.

DPP ormas yang berkedudukan di Kota Balikpapan ini sejak beridirinya tiga bulan lalu sudah terbentuk sebanyak 6 DPC (Dewan Pimpinan Cabang) di wilayah Kaltim diantaranya Kota Balikpapan, Penajam Paser Utara, Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Berau.

Kemudian, dalam pekan ini akan menyusul sebanyak 9 DPC lainnya di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) yang akan dilantik oleh DPP Laung Kuning Rakat Badingsanak.

Ketua Umum DPP Laung Kuning Rakat Badingsanak, Amad Badai, mengatakan ormas tersebut dibentuk sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi, tetap menjaga kekompakan sebagai keluarga sesama orang-orang Banjar dimanapun berada.

“Ormas Laung Kuning Rakat Badingsanak ini kita bentuk tujuannya sebagai wadah untuk bersilaturahmi dan untuk saling mengenal satu sama lain dimanapun orang-orang Banjar berada”, kata Amad Badai kepada wartawan di Sekratriat DPP Laung Kuning Rakat Badingsanak di Jalan LKMD Perum Sumber Indah RT 70, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Rabu, 1/6/2022.

Amad Badai menyampaikan, pihaknya dari Pengurus DPP (hari ini) berangkat menuju Kalsel untuk melantik 9 DPC yakni Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Barabai, Martapura, Banjar Baru, Banjarmasin, Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kota Baru.

“Hari ini kita dari Pengurus DPP berangkat menuju Kalsel selama satu pekan, kita akan melantik 9 DPC disana”, tuturnya.

Kemudian, kata Amad Badai, untuk pelantikan DPC lainnya di setiap wilayah Kalimantan masih akan dijadwalkan.

“Kemungkinan setelah pelantikan 9 DPC di wilayah Kalsel ini akan menyusul lagi DPC lainnya. Kita masih mengatur jadwal”, ucapnya.

Amad Badai menjelaskan, Ormas Laung Kuning Rakat Badingsanak ini dibentuk merupakan sebuah wadah permersatu orang-orang Banjar. Selain untuk bersilaturahmi, ormas ini juga untuk menaungi adat dan budaya Banjar supaya tetap terjaga dan dilestarikan.

Menurut Amad Badai, Laung Kuning diartikan sebagai pemersatu orang-orang Banjar. Sedangkan Rakat Badingsanak diartikan rukun bersama sesama suku Banjar.

“Jadi, ormas ini kita bentuk untuk mempersatukan orang-orang Banjar untuk tetap bersilaturahmi satu sama lain dan saling menjaga kerukunan. Disamping itu, adat dan budaya Banjar juga tetap harus dijaga dan dilestarikan”, ujar Amad Badai.

Reproter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

25 + = 30

Back to top button
×