Balikpapan

Pelaksanaan Shalat Tarawih Dan Idul Fitri, Pemkot Balikpapan Ijinkan Secara Berjamaah Dengan Merapatkan Shaf

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Berbeda dengan Ramadhan sebelumnya, meski sama – sama dilanda pendemi covid-19, pada Ramadhan tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan telah memperbolehkan Pelaksanaan ibadah shalat Tarawih saat bulan suci dan Idul Fitri nanti secara berjamaah.

Bukan hanya sampai disitu saja, Pemkot Balikpapan juga mengijinkan pada saat melaksanakan sholat berjamaah dengan merapatkan shaf, namun tetap menggunakan masker.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli, saat dihubungi pihak media melalui telepon seluler, Senin (21/3/2022).

Zulkifli mengatakan pelaksanaan shalat Tarawih pada bulan suci Ramadhan 1443 H,tahun ini tidak perlu diberikan jarak lagi, akan tetapi masyarakat sudah boleh melaksanakan shalat berjamaah dengan shaf rapat antara jamaah yang satu dengan lainnya.

“Ya..kita akan memberlakukan kebijakan ini berdasarkan surat dari MUI yang menghimbau atau memberikan arahan kepada Jamaah untuk memperbolehkan melaksanakan shalat berjamaa dengan shaf yang rapat,”katanya.

Zulkifli juga menjelaskan pemberlakukan shalat berjamaah dengan shaf rapat mengikuti pola yang sudah diberlakukan di Mekkah terkait pengelolaan ibadah haji dan umroh.

“Meski begitu kami tetap meminta kepada pengurus masjid agar tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) salah satunya tetap menggunakan masker”jelasnya.

Selain itu Zulkifli juga meminta kepada pengurus masjid agar mengatur kapasitas ruangan masjid, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dalam PPKM.

“Jika ruangan tidak memadai, pengurus masjid wajib menyiapkan ruang tambahan berupa tenda diluar masjid”tambahnya.

Zulkifli berharap level PPKM di Kota Balikpapan bisa kembali turun dari Level 3 pada saat Bulan Suci Ramadhan 1443 H nanti.

Disinggung mengenai aturan PPKM dibulan Ramadhan, Zulkifli menyebut dirinya belum bisa memastikan aturannya, akan tetapi melihat dengan yang ada saat ini dirinya berharap aturan saat bulan suci Ramadhan nantinya bisa lebih baik untuk masyarakat.

“Mudah – mudahan aturan PPKM pada saat Ramadhan nanti akan lebih baik untuk masyarakat”pungkasnya.

Reporter : Oce

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 − = 58

Back to top button
×