BalikpapanPemkot Balikpapan

Pemkot Balikpapan Gelar Upacara Bendera Peringatan HUT RI – 77 di Lapangan Merdeka

BALIKPAPAN, Pamungkasnews id – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati 77 Tahun Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), yang digelar sekira di Lapangan Merdeka kota Balikpapan, pada pukul 09.30 Wita, Rabu (17/8/2022).

Pelaksanaan kegiatan ini kali pertama dilaksanakan di lapangan Merdeka ini, sejak Pemerintahan kota Balikpapan yang di Pimpin H. Rahmad Mas’ud menjadi walikota Balikpapan.

Meski masih dalam suasana Pandemi Covid-19 pelaksanaan Upacara Bendera HUT RI ke 77 berjalan dengan lancar dan Khidmat.

Dalam upacara HUT RI ke 77 yang bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Wali kota Balikpapan Rahmad Masud didampingi Ketua DPRD kota Balikpapan, Abdulloh. S.sos selaku pembaca Teks Proklamasi dan dihadiri perwakilan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan sejumlah tamu undangan.

Pemkot Balikpapan Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke 77

Peringatan HUT Ke-77 RI Tahun 2022 kali ini mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” dan merupakan sebagai bentuk harapan bangsa di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai hingga kini.

Rangkaian upacara diawali sekitar pukul 10.00 Wita dengan mengheningkan cipta memberikan penghormatan pada jasa jasa pahlawan.

Dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi, pemberian santunan BPJS Ketenagakerjaan untuk Ketua RT Batu Ampar karena kecelakaan kerja, hingga pementasan tari kolosal yang melibatkan 160 pelajar SD/SMP Balikpapan.

Kemudian Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh membacakan naskah proklamasi yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Kota Balikpapan.

Penyerahan Penghargaan

Dalam kesempatan kali ini Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, memberikan amanat selaku inspektur upacara HUT RI ke-77 pada tahun ini. Kepada semua warga masyarakat kota Balikpapan

“Saya atas nama Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada kesempatan ini,” ujarnya singkat sebagai penutup rangkaian upacara bendera, Rabu (17/08/2022).

Usai kegiatan, Rahmad berharap peringatan HUT RI ke-77 ini memberikan semangat kepada semua sektor. Mengingat kondisi pandemi Coivd-19 masih terus berlangsung meski kegiatan masyarakat tidak lagi diperketat. Apalagi kota ini bakal menjadi penyangga utama saat pemerintah pusat merealisasikan pemindahan ibukoa negara ke PPU dan Kukar.

“Mudah-mudahan peringatan dari kemerdekaan kita ini menambah semangat untuk berkarya. Membangun semua sektor kita yang lagi terpuruk karena pandemi kemaren. Saya yakin dengan kebersamaan dan gotong royong kita mampu menyambut pemindahan ibukota negara,” ujarnya singkat kepada wartawan.

Dalam rangka upacara peringatan HUT RI yang ke-77 di lapangan Merdeka, Dinas Perhubungan Kota Balikpapan juga melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi. Yakni dengan mengalihkan arus lalu lintas dari arah klandasan menuju pelabuhan semayang di melintasi Jl. Sekolah.

Selain itu menutup Jl. Singkep dan Jl. Karimata selama kegiatan upacara. Kemudian menggunakan Jl. Kutai bagi pengendara yang melintas dari arah pelabuhan Semayang menujut Klandasan.

Seelumnya pada Rabu (17/08) dini hari tadi, Pemerintah Kota Balikpapan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menggelar apel kehormatan dan renungan HUT RI ke-77 di taman makam pahlawan Darma Agung, Gunung Bakaran, Sepinggan. Apel kehormatan dan renungan suci dipimpin Komandan Kodim 0905 Balikpapan, Kolonel Inf. Faizal Rizal, sekaligus inspektur upacara.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Walikota Balikpapan, Ketua DPRD Balikpapan, Kapolresta, Danlanud, danlanal, Kajari Balikpapan serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Balikpapan

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 25 = 33

Back to top button
×