Polda Kaltim

Peringatan HUT RI Ke 77, Polres berau Kibarkan Bendera Merah Putih Dari Bawah Laut

BERAU,Pamungkasnews.id – Sebanyak 17 penyelam yang terdiri dari diikuti oleh personel Polres Berau, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Berau, Berau Jurnalis Diver (Berjudi) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Berau melakukan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut di sekitar perairan Pulau Kakaban, Kepulauan Maratua, Kabupaten Berau.

Mewakili Kapolres Berau, Wakapolres Berau Kompol Ramadhanil didampingi Pama Polres Berau Ipda Yoga Fattur Rahman yang turut hadir dalam pengibaran bendera merah putih di salah satu pulau terluar di Indonesia tersebut menuturkan, selain untuk memupuk rasa nasionalisme diantara anak bangsa, pengibaran bendera dibawah laut ini juga sebagai langkah untuk mendukung wisata alam bawah laut, yang selama ini juga turut dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Kegiatan ini bukan hanya untuk memupuk nasionalisme, tetapi lebih dari itu. Kami juga ingin memperkenalkan potensi wisata bawah laut di Kabupaten Berau yang memiliki keindahan yang bisa disejajarkan dengan daerah lainnya di Indonesia,” tuturnya, Rabu (17/8/2022).

Seperti upacara bendera pada umumnya, sebelum memulai aksi selebrasi pengibaran di bawah laut, para penyelam terlebih dahulu membentangkan bendera raksasa tersebut di permukaan laut, sekaligus memberikan penghormatan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan suara lantang, tepat di pukul 10.17 Wita.

Dikatakannya, mengibarkan bendera merah putih selebar 7×4 meter di kedalaman 17 meter dibawah laut itu bukan untuk mencari sensasi. Konsep upacara tersebut sebagai upaya untuk mempromosikan pariwisata. Ramadhanil juga menuturkan, nasionalisme kebangsaan dapat ditunjukkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan tetap menjaga dan merawat perairan yang ada di Kabupaten Berau.

“Ini penting dilakukan agar nantinya, perairan di Kabupaten Berau khususnya Maratua bisa tetap terjaga dengan baik, sehingga potensi wisata bawah air bisa terus di kembangkan dan di lestarikan. Tentunya akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat setempat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Berau Yudhi Perdana mengucapkan syukur karena pengibaran di bawah laut berjalan sukses dan lancar.

“Dalam kegiatan pengibaran bendera ini, tim Polres Berau, PWI, Berjudi, dan HPI, juga dibantu oleh teman-teman dari Green Nirvana dan Sunsea Resort.

“Pengibaran bendera ini, selain bentuk partisipasi dalam memeriahkan HUT RI tahun ini, sekaligus sebagai ajang promosi wisata Berau yang memang dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya,” pungkasnya.

Humas Polda Kaltim

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 1 =

Back to top button
×