BalikpapanPemkot Balikpapan

Peringati Hapernas, Pemkot Balikpapan Bersama Kementerian PUPR Gelar IKN Property Expo Tahun 2022

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Menjelang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kota Balikpapan menjadi beranda sekaligus Kota Penyangga IKN.

Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Balikpapan mempersiapkan hunian, untuk pendatang yang akan pindah atau berinvestasi di Kota Balikpapan dengan adanya IKN.

Untuk itu, Disperkim Balikpapan menggelar IKN Property Expo Tahun 2022 yang bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sekaligus memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang mengangkat tema “Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak dan Terjangkau Untuk Semua”. Kegiatan berlangsung di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC/Dome), Sabtu (20/8/2022).

IKN Property Expo Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan penekanan tombol sirine.

Pada kesempatan itu, Kepala Disperkim Balikpapan Arfiansyah mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud mengucapkan selamat datang di Kota Beriman kepada seluruh pejabat baik dari Pemerintah Pusat dan Provinsi, Pihak swasta serta seluruh stakeholder dari luar Balikpapan.

“Semoga melalui hajatan ini, kita semua dapat bersilaturahmi sekaligus melaksanakan event pameran properti pertama dan terbesar di Kalimantan, yaitu IKN Property Expo Tahun 2022,” jelasnya saat membacakan sambutan Walikota.

Sementara ini, laju pertumbuhan populasi penduduk Indonesia cenderung meningkat dan mempengaruhi peningkatan kebutuhan hunian. Hal ini memicu terjadinya backlog penyediaan berbagai jenis produk property nasional, terutama di Kota Besar khususnya di Kota Balikpapan.

Selain itu dengan adanya perpindahan Ibu Kota Negara Nusantara ke Kaltim akan turut mendorong penyediaan hunian bagi warga Kaltim maupun pendatang. “Hapernas di Kota Balikpapan sebagai peluang bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian dengan cara yang mudah dan praktis, karena dalam momentum ini ada berbagai perusahaan pengembang properti yang menawarkan promo pembelian, serta perbankan sebagai lembaga pembiayaan,” terangnya.

Selain itu juga, IKN Property Expo juga menawarkan peluang bagi perusahaan properti perbankan maupun sektor industri lainnya, yang berkaitan dengan bidang properti, termasuk sektor jasa.

“Momentum ini merupakan peluang bagi kita di wilayah Kalimantan Timur untuk memanfaatkan kebijakan pemindahan Ibu Kota Negara. Selain dapat meningkatkan iklim investasi sekaligus kegiatan ini diharapkan dapat menyediakan pemilihan properti yang beragam dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat,” papar Arfi sapaan karibnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah hadir dan berpartisipasi pada IKN Property Expo tahun ini. “Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Balikpapan sebagai Kota penyelengara Hapernas. Suatu kebanggaan bagi Kota kami menjadi tuan rumah karena kegiatan ini merupakan even nasional yang melibatkan banyak pihak dari luar daerah,” ungkapnya.

Kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang promosi tetapi juga berharap melalui even ini dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan kepada seluruh pihak dimasa pemulihan pasca Pandemi Covid 19.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat membacakan sambutan tertulis Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat membuka Pameran IKN Properti Expo 2022 menyampaikan, peringatan Hapernas harus menjadi pemacu semangat para pemangku kepentingan bidang perumahan untuk mewujudkan hunian layak dan terjangkau untuk semua.

IKN Property Expo yang juga bagian dari rangkaian Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2022 ini dapat menjadi refleksi bersama, untuk meningkatkan upaya dan sinergi dalam mewujudkan penyediaan perumahan layak huni dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya penyediaan perumahan di kawasan Ibu Kota Negara yang baru, agar mampu mewujudkan Indonesia yang pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Kementerian PUPR berharap pasar properti di Indonesia dapat tumbuh dan terus meningkat di masa mendatang. Tak hanya itu, ajang ini diharap dapat memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui jenis properti yang ditawarkan dan dapat menjadi pilihan bagi masyarakat, untuk memilih rumah yang diinginkan serta membuka peluang bagi perbankan, pelaku pembangunan, serta Pemerintah Daerah guna mengetahui daya serap pasar perumahan.

Kementerian PUPR juga ingin memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Balikpapan, atas terselenggaranya rangkaian acara IKN Property Expo Tahun 2022, yang sekaligus menjadi salah satu rangkaian dari peringatan Hapernas 2022.

Diakhir kegiatan, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto didampingi Kepala Disperkim Balikpapan Arfiansyah dan Ketua Dekranasda Balikpapan Hj Nurlena Mas’ud meninjau stand IKN Property Expo tahun 2022.

Pembukaan IKN Property Expo tahun 2022 dihadiri Kepala Dinas PU Provinsi Kaltim, Aji Mohammad Fitra, perwakilan Forkopimda, seluruh pejabat Pemerintah Kota Balikpapan serta jajaran Kementerian PUPR.

Reporter : NKE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 24 = 28

Back to top button
×