Balikpapan

Politeknik Ilmu Pelayaran Kota Balikpapan Menggelar Yudisium Dan Pelepasan Wisudawan Angkatan Ke-3

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) kota Balikpapan menggelar Upacara Yudisium dan Pelepasan Calon Wisudawan angkatan ke tiga tahun 2022, yang di ikuti sebanyak 35 Taruna.

Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Auditorium PIP Balikpapan yang berada di kawasan Jl. Kesatriaan, KM, 08 Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Ada pun program studi yang akan diwisuda tahun ini melipu,
– D-IV Ketatalaksana Pelayaran Niaga Dan Kepelabuhan Sebanyak 19 Taruna
– D-III Pelayaran Nautika Sebanyak 6 Taruna
– D-III Pelayaran Teknika Sebanyak 10 Taruna.

Selanjutnya pelaksanaan wisuda Taruna dan Taruni ini akan dilaksanakan besok, Selasa, 18/10/2022 di Auditorium PIP Balikpapan di kilometer 8, Karang Joang, Balikpapan Utara.

Direktur PIP Balikpapan, Lauhel Mahfud mengatakan dalam pelaksanaan wisuda tersebut pihaknya akan mengundang semua orang tua para Taruna dan Taruni untuk mengikuti prosesi wisuda.

“Hari ini kita me-yudisiu 35 Taruna dan Taruni yang terdiri dari tiga Prodi yakni Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan, Pelayaran Nautika, serta Pelayaran Teknik”, ujar Lauhel Mahfud saat dijumpai wartawan usai acara.

Pihaknya berharap, dengan dihadirinya para orang tua dari Taruna dan Taruni di acara wisuda yang akan dilaksanakan besok, pihaknya juga ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa di Balikpapan juga ada PIP yang merupakan satu-satunya di Kalimantan yang konsen di bidang Pelayaran.

“Dari tiga Prodi ini, dari pengalaman-pengalaman sebelumnya alhamdulillah terserap didunia kerja. Bahkan, sebelumnya sudah banyak yang terserap didunia perkapalan hingga internasional, baik kapal cargo maupun kapal penumpang”, ungkapnya.

Lauhel Mahfud mengharapkan para Taruna dan Taruni lulusan PIP nantinya bisa menjadi tenaga kerja profesional yang handal dari Kalimantan.

“Semenjak berdirinya PIP di Balikpapan, kita juga sudah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan pelayaran dan perusahaan yang memiliki di bidang kelautan atau kemaritiman. Besok di acara wisuda juga akan dilakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan sejumlah perusahaan di Balikpapan”, terang Lauhel Mahfud.

Ditempat yang sama, Kepala Biro Administrasi, Akademik dan Ketarunaan, Bayu Nogroho, menjelaskan sebanyak 90 persen Alumni PIP Balikpapan dari Angkatan I dan II sudah terserap didunia kerja di perusahaan-perusahaan pelayaran.

“PIP Balikpapan merupakan satu-satunya yang memiliki nilai plus untuk Perguruan Tinggi, dimana Politeknik Ilmu Pelayaran Balikpapan merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang bergerak di lembaga pendidikan”, ujar Bayu Nugroho.

Disamping itu, Wakil Direktur PIP Balikpapan, Capt. M. Hatta Umar mengharapkan para wisudawan nantinya dapat memanfaatkan ilmunya dengan baik ditempat kerja mereka, baik di jurusan dunia kelautan maupun perkantoran.

“Mudah-mudahan dengan skill yang mereka miliki, Angkatan ke III ini bisa mengikuti jejak Angkatan sebelumnya yakni Angkatan I dan II yang sebagian dari mereka sudah berlayar hingga ke luar negeri, karena sebagian dari mereka juga pandai bahasa inggris”, ujar Hatta Umar.

“Saya juga menyarankan kepada para wisudawan agar tidak pernah bosan untuk belajar bahasa inggris, karena jika ingin kerja hingga ke luar negeri syaratnya hanya ada dua, yakni kemampuan bahasa dan disiplin kerja”, katanya lebih lanjut.

Hatta Umar mengatakan, dari 35 Alumni Angkatan ke III ini terdapat 3 wisudawan merupakan lulusan terbaik dengan nilai IPK 3,83, 3,81 dan 3,67. Ketiganya masing-masing dari jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan, Pelayaran Teknika dan Pelayaran Nautika.

“Ketiganya merupakan Taruni, dan setelah di wisuda nanti mereka akan langsung bekerja, salah satunya di Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan, ada juga di perusahaan pelayaran ekspor batu bara”, ungkapnya.

Sementara salah satu wisudawan yang merupakan seorang Taruni dengan nilai tertinggi 3,83 Serena Riska, S.Tr., Pel mengaku bangga menjadi lulusan terbaik Prodi D-IV Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan Angkatan ke III di PIP.

Dia juga mengakui, bahwa dirinya setelah wisuda nanti sudah direkrut oleh perusahaan pelayaran ekspor batu bara di Balikpapan.

“Untuk saya sendiri sudah mendapatkan pekerjaan di bidang pelayaran yaitu perusahaan pengekspor batu bara PT Global Energi Bara Internasional di Balikpapan”, kata dia.

“Saya berharap kedepannya PIP ini dapat mempromosikan ke luar Kalimantan. Sehingga calon-calon Taruna dapat bergabung dengan kami disini (PIP), karena jenjang karirnya pun sangat menjanjikan”, pungkasnya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 11 =

Back to top button
×