Kodam VI/Mlm

Sebagai Bentuk Keprihatinan, Pomdam VI/Mulawarman Serahkan Bantuan di Masjid Al Muttaqin  

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Bulan suci Ramadhan merupakan moment yang tepat untuk membina kebersamaan dalam meningkatkan rasa kepedulian dan saling berbagi kepada sesama. Pasalnya Bulan suci Ramadan adalah bulan penuh keberkahan, rahmat, dan ampunan.

 

Beranjak dari hal tersebut, sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan dalam menyemarakkan Bulan Suci Ramadan 1443 H/2022 M, Pomdam VI/Mulawarman. Melalui Program Kerja Bhakti Semester I tahun 2022, menyerahkan bantuan ke Masjid Al Muttaqin yang berlokasi kilometer 52, Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis, (21/4/2022)

Bantuan tersebut berupa Mimbar Khutbah, Alquran, dan sajadah untuk kelengkapan Masjid yang diserahkan langsung oleh Komandan Pomdam VI/Mulawarman Kolonel CPM Didin Sofyannadin kepada Pengurus Masjid Al Muttaqin.

Bukan hanya bantuan untuk kelengkapan Masjid, jajaran Pomdam VI/Mulawarman juga melakukan pengecetan di seluruh gedung Masjid, tempat berwudhu hingga toilet Masjid.

“Kegiatan karya bakti ini merupakan program kerja TNI Angkatan Darat Semester I tahun 2022. Walaupun dengan anggaran terbatas tetap harus kita laksanakan, karena ini di bulan suci Ramadhan, maka kita gabungkan dengan Marhaban ya Ramadan Pomdam VI Mulawarman Menggapai Berkah di Bulan Ramadhan ini”,kata Danpomdam VI/Mulawarman Kolonel CPM Didin Sofyannadin.

“Saya berharap bantuan yang diberikan oleh Pomdam VI/Mulawarman dapat bermanfaat dan menambah semangat dalam beribadah bagi para jamaah Masjid Al-Muttaqin”sambungnya.

Dalam kesempatan kali ini Kolonel CPM Didin Sofyannadin menceritakan, awal mula kronologi sehingga terjadinya kegiatan karya bakti di Masjid Al-Muttaqi ini, saat dirinya singgah melakukan sholat beberapa waktu lalu. Melihat kondisi peralatan Masjid yang dianggap kurang layak, mulai dari sajadah, mimbar khutbah dan tembok yang terlihat kusam, sehingga membuat dirinya prihatin

Dengan keprihatinannya itu dirinya merencanakan untuk membantu kondisi tersebut hingga dapat dilaksanakan di bulan suci Ramadhan ini. Mimbar yang langsung di pesan dari Jepara, Jawa Tengah itu terbuat dari bahan kayu jati dan tampak terlihat elegan dengan ukiran yang unik berwarna coklat.

“Ide awal saya untuk memberikan bantuan di Masjid Al Muttaqin ini saat saya dan beberapa staf singgah melakukan sholat, saya melihat mimbar masih terbuat dari triplek dan tidak layak. Tembok Masjid juga sudah terlihat kusam, mudah-mudahan bantuan yang kita berikan ini bermanfaat baik bagi jamaah maupun masyarakat yang melakukan ibadah”,bebernya.

Pria dengan pangkat tiga melati dipundak ini Juga menambahkan, selain penyerahan bantuan mimbar masjid, selama Ramadan, Pomdam VI Mulawarman juga rutin melaksanakan pembagian takjil gratis kepada masyarakat menjelang waktu berbuka puasa. Pembagian takjil gratis dilaksanakan di Balikpapan.

Didin juga menyoroti kurangnya fasilitas masjid serta minimnya perhatian Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terhadap Masjid Al Muttaqin ini. Pasalnya, sampai sejak berdiri puluhan tahun silam, masjid ini belum terlayani oleh listrik PLN.

“Saya juga menyoroti minimnya perhatian Pemerintah Daerah kepada Masjid Al Muttaqin ini. Saat ini, masjid belum teraliri oleh listrik PLN. Yang ada hanya solar Cell, yang kapasitas listriknya terbatas dan hanya bisa digunakan hanya untuk adzan saja, tak mampu untuk aktivitas lainnya,” ungkapnya.

Sedangkan mesin genset yang ada di masjid ini hanya bisa digunakan hanya untuk aktivitas ibadah 5 waktu, yakni hanya digunakan saat salat. Sedangkan untuk kegiatan lainnya tidak bisa digunakan karena keterbatasan daya listrik serta lainnya.

“Kami mohon kepada Pemerintah Daerah untuk lebih peduli memberikan perhatiannya kepada Masjid Al Muttaqin ini. Pasokan listrik PLN sangat dibutuhkan agar aktivitas ibadah di masjid ini bisa berjalan maksimal”, harapnya.

Sementara itu, pengurus Masjid Al Muttaqin, Basiruddin mengucapkan terima kasih kepada Pomdam/VI Mulawarman yang telah memberikan bantuan kepada Masjid Al Muttaqin.

“Saya mewakili jamaah Masjid Al Muttaqin berterima kasih dengan adanya program dari Pomdam VI/Mulawarman. Kami juga berterima kasih khususnya kepada anggota Pomdam yang telah memberikan tenaganya melakukan pengecetan Masjid”,pungkasnya.

Reporter : Gus

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

29 − = 26

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?