Balikpapan

TNI AL Bangun Pertahanan di Kawasan IKN, Lanal Balikpapan Jadi Kodamar

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Persiapan pemindahan Ibu Kota Negara tak hanya melulu soal infrastruktur, namun juga membutuhkan persiapan dari segi keamanannya, dan TNI Angkatan Laut (AL) juga tengah mempersiapkan hal itu.

Ke depannya TNI Angkatan Laut (AL) akan membangun sistem pertahanan untuk memproteksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Seperti yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono usai mengunjungi lahan milik TNI AL di kawasan IKN.

Yudo mengatakan, saat ini jajarannya tengah menyusun perencanaan untuk membangun kekuatan pertahanan di IKN. Persiapan lahan juga telah dilakukan, yang nantinya akan diperuntukkan pembangunan Markas Komando (Mako) dan penempatan personil.

“Nanti kita susun perencanaan untuk Mako maupun untuk personil disana dan termasuk untuk rencana pertahanannya,” ujar Yudo kepada awak media di VVIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan, Kamis (30/6/2022) petang.

Lebih lanjut Yudo menyampaikan, lahan yang telah disiapkan di IKN seluas 40 hektar dari keseluruhan luas lahan untuk TNI yang mencapai 150 hektar.

“Baru lihat lahan saja, nanti kita tunggu saja berikutnya di tahun 2024 ,” ujarnya saat ditanya mengenai kunjungannya.

Yudo juga menyampaikan bahwa nantinya Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan juga tengah dipersiapkan untuk menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) yang merupakan bagian dari pertahanan dan perlindungan IKN.

“Kita nanti akan membesarkan Lanal Balikpapan menjadi Kodamar, masih dalam proses sekarang. Inti Kemanunggalan Maritim mempunyai tugas pertahanan pantai karena sudah ada Armada II untuk pertahanan lautnya,” pungkas Yudo.

Reporter : Ria

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 75 = 76

Back to top button
×