Balikpapan

Tokoh Masyarakat Jurnapis Kudung Tutup Usia, Ardiansyah : Kami Kehilangan Tokoh Inspiratif dan Motivator 

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Innaliliahi wa’inna ilaihiroji’un, salah satu tokoh masyarakat Kolonel TNI AD (Purn) Jurnapis Kudung tutup usia pada Jum’at, 31/3/2023.

Sosok panutan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya ini meninggal dunia di usianya 84 tahun.

Rasa sedih tampak di raut wajah masyarakat sekitar semakin jelas karena kehilangan sosok yang dikenal sebagai panutan dilingkungan tersebut.

Pantauan media ini, di kediaman almarhum di Jalan Sepaku, Balikpapan Barat warga datang melayat datang silih berganti. Tak ketinggalan Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Balikpapan, Ardiansyah.

Selembar cerita tentang almarhum Jurnapis Kudung, Ardiansyah menuturkan, bahwa almarhum merupakan tokoh masyarakat yang cukup dikenal dengan ketegasannya, partisipatif, inspiratif, dan sebagai motivator bagi kalangan muda maupun tua dilingkungannya.

Selain dari sisi pemikirannya yang positif, ia juga kerap memberikan dorongan kepada warga untuk selalu berbuat baik kepada sesama, lingkungan maupun dalam membangun pola pikir manusia untuk tetap berahlak dan berprilaku baik dalam kehidupan.

Ardiansyah menceritakan, sebagai tokoh yang di tuakan, almarhum juga aktif dalam organisasi daerah, dimana ia juga sebagai panutan bagi para pemuda dalam organisasi.

“Sejak bergabung dalam salah satu organisasi daerah di Balikpapan, beliau (almarhum) merupakan tokoh orang tua yang bisa merasuki kepemudaan. Apalagi semenjak saya bergabung di partai politik, semasa hidupnya almarhum sering kali mendampingi saya untuk memberikan masukan-masukan positif dalam berpolitik”, tutur Ardiansyah kepada media ini.

Ardiansyah bersama keluarga besarnya di Partai maupun organisasi kemasyarakatan (Ormas) DPC Gepak Balikpapan dan masyarakat dilingkungan kediaman almarhum mengaku kehilangan atas meninggalnya Jurnapis Kudung yang selama ini di anggap sebagai orang tua yang mampu memberikan pola pikir yang posistif bagi masa depan para pemuda.

“Sosok almarhum patut kita contoh untuk masa depan. Apalagi Balikpapan akan menjadi pintu gerbang IKN (Ibu Kota Nusantara), maka kita harus berpikir lebih maju. Sehingga nasehat-nasehat almarhum kepada kita selama ini tidak sia-sia untuk mengedepankan pola pikir yang baik untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan untuk kemajuan Kota Balikpapan kedepan”, ujarnya.

Termasuk di Partai, kata Ardiansyah, almarhum sering kali memberikan wejangan yang baik untuk meniti perjalanan perpolitikan kedepan. Terutama untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan Kota Balikpapan.

“Kami sangat kehilangan atas meninggalnya alamarhum Jurnapis Kudung, karena sangat banyak kesan-kesan yang diberikan olehnya selama masih hidup. Dia (alm) selalu memberikan bimbingan yang baik untuk kita semua, baik dilingkungan tempat tinggal, organisasi, maupun di Partai PAN”, ungkapnya.

Sebagai pensiunan Kolonel TNI, menurut Ardiansyah, almarhum sangat di hormati dilingkungan masyarakat Jalan Sepaku. Tidak hanya memiliki pamor, almarhum juga dikenal sebagai penyumbang motivasi bagi masayarakat untuk Kota Balikpapan agar bisa lebih baik.

Bahkan, Ardiansyah mengungkapkan, bahwa salah satu pemimpin Kota Balikpapan H. Cucup Suparna juga pernah menyambangi almarhum di kediamannya untuk meminta nasehat.

Di akhir cerita, mata Ardiansyah mulai tampak berkaca-kaca karena merasa kehilangan sosok yang selama ini menjadi panutan dalam kehidupannya itu.

Sembari mengakhiri cerita semasa hidup almarhum, Ardiansyah kembali mengungkapkan, bahwa semasa hidup pensiunan TNI berpangkat Kolonel itu juga aktif menjadi pembina di Masjid yang ada dilingkungannya di Jalan Sepaku.

“Almarhum juga aktif dalam memberikan pembinaan keagamaan di Masjid dilingkungan kami ini. Baik kepada jamaah, Irma Masjid, hampir semua dalam binaan almarhum”, kata Ardiansyah mengakhiri cerita almarhum Jurnapis Kudung.

Reporter : Fauzi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1

Back to top button
×