BalikpapanPemkot Balikpapan

Wali Kota Buka Job Market Fair Sebagai Upaya Pemkot Kurangi Angka Penganguran

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud membuka Job Market Fair atau Bursa Pameran Kerja tahun 2022 yang diselenggarakan, di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC/DOME), pada hari Selasa (06/09/2022).

Dengan penekanan tombol sirine, Wali Kota didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Rozani, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan Ani Mufaidah dan Sekretaris Ketenagakerjaan Balikpapan Agung Budi Wibowo, resmi membuka Bursa Pameran Kerja yamg dimulai tanggal 6-7 September 2022.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan tujuan dari Job Market Fair untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Balikpapan.

“Ini merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan oleh Pemkot Balikpapan melalui Disnaker, dalan rangka meningkatkan pelayanan khususnya bagi pencari kerja dan pengguna tenaga kerja,” ujarnya.

Terdapat 95 perusahaan yang sudah bergabung dalam Job Market Fair tahun 2022 yang menyediakan 1.975 lowongan pekerjaan.

“Terima kasih kepada seluruh pengusaha dan stakeholder yang hadir disini, betul-betul berkomitmen dan bersinergi dengan Pemkot Balikpapan, untuk mengurangi penganguran dan menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Ini sebagai wujud Pemkot Balikpapan bersama Pemerintah Provinsi Kaltim berkomitmen supaya putra putri Kaltim, khususnya Kota Balikpapan tidak menjadi penonton di rumahnya sendiri. Mengingat, Kota Balikpapan menjadi Kota penyangga Ibu Kota Negara, sehingga kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Meskipun, permasalahan pengangguran merupakan masalah nasional yang perlu di selesaikan secara tepat baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kebupaten Kota maupun instansi lintas sektoral.

Dengan semakin ketatnya persaingan antar Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak di barengi dengan tersedianya lowongan kerja yang memadai, sehingga ikut berkontribusi terhadap tingginya tingkat pengangguran di Kota Balikpapan yang saat ini mencapai 8,94 persen.

Pencari kerja yang sudah terdaftar saat ini sebanyak 1.473 orang dari 1.975 lowongan yang tersedia, sehingga masih tersedia sekitar 500 orang. Dengan adanya kesempatan ini, masyarakat Kota Balikpapan seharusnya antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

“Kita sudah berusaha memberikan kesempatan kepada anak-anak kita. Ini menjadi catatan untuk kita semua. Tuntutan masyarakat Kaltim khususnya Kota Balikpapan yang selalu mengatakan dimana putera daerah mau bekerja kalau tidak diberikan kesempatan atau peluang. Sudah terjawab pada hari ini,” terangnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Disnaker Balikpapan Agung Budi Wibowo menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan Bursa Pameran Kerja, untuk mempertemukan pemberi kerja dengan pencari kerja dan untuk mengurangi angka penganguran di Kota Balikpapan.

Dari 1.975 lowongan pekerjaan yang disediakan, terdapat 442 jabatan yang telah disiapkan. Tak berhenti sampai dsini saja, Disnaker Kota Balikpapan akan melaksanakan Job Market Fair kedua secara daring atau online di bulan Desember 2022.

Selanjutnya, pada bulan Oktober 2022 akan melaksanakan Apprentice Market Fair (AMF) atau pemagangan, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi bagi pencari kerja, sehingga diharapkan perusahaan dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dengan begitu, angka penganguran di Kota Balikpapan akan berkurang dan kesejahteraan masyarakat Kota Balikpapan semakin meningkat.

Reporter : NKE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 2

Back to top button
×