Politik

DPP PDI Perjuangkan Secara Resmi Tunjuk Budiono Sebagai Calon Wakil Wali Kota Balikpapan

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Dewan Pengurus Pusat (DPP), Partai Demokrasi Indonesia – Perjuangan (PDI-Perjuangan) akhirnya, secara resmi mengumumkan Budiono sebagai calon Wakil Wali Kota Balikpapan menggantikan almarhum H. Thohari Aziz.

Bertempat di seketariat Dewan Pengurus Cabang (DPC PDI – Perjuangan), Kota Balikpapan yang berada dikawasan Komplek Pertokoan Sepinggan Pratama, nama Budiono di umumkan sebagai Calon Walikota Balikpapan, Kamis (27/01/2022).

Keputusan tersebut berdasarkan SK DPP PDI Perjuangan No 37-38/i/DTT/I/ Tahun 2022 tentang penetapan calon pengganti Wakil Wali Kota Balikpapan dengan memperhatikan surat DPP tertanggal 7 Desember 2021, perihal usulan calon wakil walikota Balikpapan No 456/in/DPD.13-B/XII/2021.

Surat keputusan penetapan pengganti calon wakil Walikota Balikpapan periode 2021-2024 ini, dibacakan langsung oleh Sekertaris DPC PDI Perjuangan, Suwanto dan dihadiri pengurus – pengurus partai PDI Perjuangan.

Dalam pengumuman penetapan calon Wakil Walikota Balikpapan, Suwanto mengatakan bahwa kader PDI Perjuangan akan mengawal keputusan dari DPP untuk memenangkan Budiono yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan itu.

“PDI P akan berkoordinasi dengan partai-partai koalisi dalam melanjutkan, memperjuangkan dan mempertahankan calon yang telah ditetapkan oleh DPP PDI Perjuangan,” katanya.

Suwanto menambahkan, bahwa ada sejumlah tahapan yang akan dilalui untuk memuluskan langkah Budiono dalam mengemban amanat Partai untuk menduduki kursi Wakil Walikota Balikpapan

“Kami berharap semua partai koalisi kembali memberikan dukungan kepada PDI Perjuangan. Sesuai komitmen awal,” tambah Suwanto.

Perlu diketahui, untuk saat ini Budiono menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan, dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD kota Balikpapan.

Ditempat yang sama Ketua Fraksi PDI Perjuangan kota Balikpapan, Wiranata Oey juga menjelaskan, proses pergantian Wakil Wali Kota Balikpapan masih harus melewati beberapa tahapan.

“Nantinya Nama-nama yang diusulkan oleh partai pengusung akan diserahkan ke DPRD kota Balikpapan untuk kemudian diserahkan kembali ke Walikota Balikpapan”tuturnya.

“DPRD membentuk panitia seleksi, seluruh SK dari DPP terkait bakal calon Wakil Wali Kota semuanya akan diserahkan kepada DPRD. Kemudian DPRD akan menyerahkan ke pemerintah, khususnya Pak Wali Kota untuk menentukan dua calon yang akan dikembalikan ke DPRD untuk dipilih,” jelas Wiranata.

Wiranata juga menyebutkan telah mengantongi beberapa dukungan-dukungan dari partai koalisi dan pengusung. Namun ia enggan menyebutkan partai apa saja yang mendukung Budiono karena belum adanya surat resmi dari para DPP Partai pengusung.

“Sudah ada dukungan kepada PDI Perjuangan khususnya kepada pak Budiono, jadi saat ini hanya menunggu tahapan-tahapan dari panitia seleksi kapan nama-nama calon wakil walikota Balikpapan dimasukan ke dalam DPRD,” pungkasnya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − 90 =

Back to top button
×