DPRD Balikpapan

10 Usulan Skala Priorotas Telah Dihasilkan Kelurahan Gunung Samarinda Melalui Rakorenbang

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Memasuki  awal tahun, Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan tancap gas untuk melaksanakan program dan kegiatan di tahun anggaran 2022. Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan (Rakorenbang) tingkat Kelurahan.

Seperti yang terlihat di Aula Kelurahan Gunung Samarinda, perangkat Kelurahan beserta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan lembaga kelurahan lainya melaksanakan Rakorenbang yang dihadiri Ketua RT se – Kelurahan Gunung Samarinda, Selasa (11/01/2022).

Kegiatan Rakorenbang yang mengangkat tema “Peningkatan Kualitas SDM dan Pemerataan Akses Layanan Dasar Berkualitas Untuk  Mendukung Pengembangan Ekonomi” dihadiri anggota DPRD kota Balikpapan, Amin Hidayat dan Syarifudin Oddang.

Usai Rakorenbang Lurah Gunung Samarinda, Tarso mengatakan,  Rakorenbang pada saat ini, diikuti hampir 99 persen ketua RT di lingkungan Kelurahan Gunung Samarinda, yamana sebelum terlaksannya rapat ini,  1 bulan sebelumnya telah dilaksanakan pra Rakorenbang bersama ketua RT.

“Alhamdulillah ada 120 usulan yang kami terima, dan dari 120 itu kami diminta Kecamatan untuk mengerucutkan menjadi 10 usulan. Dan 10 usulan ini akan kami kawal nanti di Kecamatan, ” ujarnya.

Lurah Gunung Samarinda juga menambahkan, bahwa dari 10 usulan yang diajukan para ketua RT tersebut, banyak yang akan dilaksanakan di tahun 2022 ini.

“Seperti yang digaungkan Ketua RT diantaranya usulan berkaitan dengan rencana pemanfaatan tanah Pemerintah,  Barangkali nanti  kami akan bangunkan masukan jalan tembus dari Gedung BKV  tembus ke  Kampung Timur. Ini  untuk memecah arus lalu lintas. Mungkin itu proyek besar yang masuk dalam 10 usulan sekala prioritas,”bebernya.

Selain jalan tembus (lanjutnya) beberapa usulan lain juga disampaikan diantaranya berkaitan dengan drainase dalam rangka penanggulangan banjir yang di Wonorejo.

“Seperti yang kita dengar dari anggota dewan, bahwa penanganan banjir ini sudah dianggarkan dalam penanganannya,”tambahnya.

Ditempat yang sama, anggota DPRD Dapil Balikpapan Utara, Syarifuddin Oddang menambahkan,  dalam Rakorenbang ini untuk menghadapi usulan anggaran di tahun 2023 nanti, karena di tahun 2022 sebentar lagi akan dilaksanakan.

“Sama seperti proses sebelumnya, Rakorenbang ini digelar guna menyerap usulan dari  ketua RT dan akan diseleksi oleh kelurahan”katanya.

“Dimana nantinya, dari banyaknya usulan ketua RT akan dikerucutkan menjadi 10 item dan usulan tersebut nantinya akan di bawah dalam Rakorenbang di tingkat Kecamatan”tambahnya.

Terlepas dari hal lain, Syarifuddin Odang juga memberikan saran  kepada Ketua RT agar tidak hanya terfokus pada pembangunan fisik saja, melainkan juga  nonfisik, yaitu  mengusulkan peningkatan SDM khusunya bagi para pelajar agar ketika lulus pendidikan sudah ada bekal.

“Para ketua RT jangan hanya terfokus pada pembangunan fisik dilingkungan masing – masing namun dapat juga mengusulkan peningkatan SDM”jelasnya.

Sementara, ditanya menganai beberapa usulan yang tak masuk sekala prioritas,  dirinya meminta kepada Ketua RT  agar tidak berkecil hati, karena usulan tersebut dapat dikawal melalui Reses Anggota DPRD.

“Karena nanti bisa dikawal dengan hasil reses dari anggota DPRD ditingkat kota dan bisa juga diusulkan ditingkat Provinsi,” pungkasnya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

74 + = 80

Back to top button
×