DPRD Balikpapan

Dewan Beri Dukungan Pengolahan Air Laut Menjadi Air Baku

PAMUNGKASNEWS.ID BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan menyambut baik rencana Pemkot yang akan mengkaji rencana penggunaan air laut untuk mencukupi kebutuhan air baku di Balikpapan.

Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Slamet Iman Santoso mengatakan,pada prinsipnya pihaknya menyambut baik langkah pemerintah untuk mengambil Langkah tersebut. Namun meski demikian menurut Iman, yang tak kalah penting sebelum merealisasikan hal tersebut Pemkot sudah melakukan kajian dan studi kelayakan dan sesuai dengan tata ruang kota Balikpapan.

Artinya, berapa debit air yang dihasilkan dalam pengelolaan air laut menjadi air baku tersebut, kemudian bagaimana master plannya, serta biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat ketika rencana tersebut berjalan.

Disamping itu, ke depan ia juga berharap, Pemkot memaksimalkan tempat penampungan-penampungan air yang ada di Balikpapan, sehingga tidak hanya mengandalkan air waduk Manggar saja.

“Artinya pemerintah kota sudah punya niatan bagus mengarah ke sana.Hal tersebut dilakukan sebagai langkah dalam mempersipkan pemenuhan kebutuhan air baku di Balikpapan,” ujarnya, Senin (11/9/2023).

Disamping itu, politisi PKS tersebut menerangkan, dirinya juga mendorong agar PDAM Balikpapan bisa mengadopsi pengelolaan air yang ada di Kota Batam, dimana untuk limbah PDAM saja bisa menghasilkan pupuk dan menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat.

Pasalnya ia menilai, untuk pengelola air di Kota Balikpapan diakuinya masih sangat jauh tertinggal, oleh karena itu, ke depan perlu adanya pembelajaran hal tersebut. Ia menilai, komitmen untuk sama -sama memaksimalkan PDAM juga harus dilakukan baik itu dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga dalam pengelolaan air untuk masyarakat dapat dilakukan secara profesional.

“Jadi harus diisi oleh orang yang profesional agar bersama-sama dalam upaya memajukan PDAM. Harus ada penataan kemajuan dari sisi internal, kemudian mentalitas yang bagus dalam bersama -sama memaksimalkan pelayanan air bersih kepada masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Tin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − = 10

Back to top button
×