DPRD Balikpapan

DPRD Sambut Baik Keberadaan Ganeba di Kota Balikpapan

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Gabungan Nelayan Balikpapan (Ganeba) berkunjung ke kantor DPRD kota Balikpapan, Senin (28/11/2022).

Kehadirannya Ganeba di kantor DPRD Balikpapan untuk memastikan bahwa telah ada organisasi nelayan ada di Kota Balikpapan.

Wakil Ketua II DPRD Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle bersama Komisi II sebagai mitra kerja menyambut baik kedatangan Ganeba di ruang rapat gabungan DPRD Balikpapan.

Sabaruddin mengatakan hari ini kita menerima Ganeba yang baru seumur jagung sekitar dua bulan lalu terbentuk.

“Kita mengapresiasi dan menaruh harapan besar karena selama ini nelayan tereksploitasi kebesarannya, ternyata hanya sari-sarinya yang diambil dimanfaatkan begitu saja,” kata Sabaruddin kepada awak media seusai pertemuan dengan Ganeba.

Menurutnya, selama ini organisasi untuk nelayan sudah dari dulu sampai detik ini sering berubah nama, ganti merek, tapi orang-orangnya itu juga sehingga menimbulkan pertanyaan besar.

Oleh karena itu, Sabaruddin menaruh harapan besar kepada organisasi baru ini, harus diniatkan ingin mensejahterakan nelayan, melindungi dan memproteksi hak-hak kepentingan nelayan.

“Karena selama ini nelayan mudah terprovokasi dan tereksploitasi, dengan begitu adanya Ganeba ini bisa menjadikan sebuah harapa baru kedepannya,” ucapnya.

Ketua Ganeba, Boben Munawir mengaku sudah mempunyai lima belas Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang diakui Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DP3) Balikpapan dan berbadan hukum dengan total 485 anggota se-Balikpapan, yang terbesarnya ada di wilayah Manggar.

“Pada intinya kita audensi dan memperkenalkan diri, serta minta arahan untuk kedepannya, karena yang membidangi perikanan ada di Komisi II DPRD Balikpapan,” tuturnya.

Dikatakannya, nelayan ini sudah beberapa kali ikut organisasi dan jauh dari kesejahteraan yang selalu dicita-citakan.

“Insyaallah dengan adanya Ganeba, mungkin kesejahteraan itu akan didapat,” imbuhnya.

Edy Firmansyah manambahkan Ganeba kedepannya akan menyatukan satu pintu dengan mengajak semua nelayan, dalam merajut jala kebersamaan.

“Harapan kami yaitu membuat nelayan tersenyum dengan ada wadah kebersamaan. Selama ini mungkin di lapangan profesi nelayan seperti terpinggirkan oleh orang, sini kita sama-sama membangun bahwa profesi ini baik dan mulia,” harap Edy sebagai Humas Ganeba ini.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 − = 60

Back to top button
×