DPRD Balikpapan

Dukung Pemutaran Film G30S PKI, Syukri Berharap Generasi Muda Tidak Kehilangan Napak Tilas Sejarah

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Perlunya diputar kembali Film dokumenter sejarah pemberontakan Partai Kominis Indonesia (PKI) terhadap pemerintah Indonesia, yang dikenal Gerakan 30 September PKI (G30S-PKI) dan diperingati setiap tahunya tepat pada tanggal 30 September, di Kota Balikpapan mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Hal tersebut dilakukan agar generasi muda penerus bangsa kedepannya tidak kehilangan napak tilas salah satu sejarah pahit bagi pemerintah Indonesia 56 tahun silam.

Seperti yang dikatakan Anggota DPRD kota Balikpapan Syukri Wahid. Dirinya mengaku kalau sebenarnya sejarah itu esensinya tidak kehilangan subtansi. kalau dulu semasa kecilnya, wajib mengetahui sejarah.

“Kalau berangkat tahun lalu saya iyakan dan dari Panglima ABRI juga menyerukan untuk menonton kembali supaya generasi muda tidak kehilangan napak tilas sejarahnya, karena ada ideologi-ideologi yang sampai tahap MPR belum dicabut,” kata Syukri, kepada awak media diruang kerjanya, Senin (26/9/2022).

Syukri menjelaskan bahwa sejarah tersebut esensi ideologi tidak akan pernah musnah, tetapi terkait peristiwa G30S PKI yang akan dia titipkan ke masyarakat adalah apa sih yang mengancam integritas bangsa itu diantara ideologi yang menjadi ancaman keutuhan NKRI.

“Sehingga menurut saya mendukung agar film tersebut diputar, kalau perlu diwajibkan mulai di tingkat sekolah dasar menengah supaya tidak kehilangan jasmerah,” ucapnya.

“Sebagaimana dalam hadist mengatakan, hendaknya melihat masa depan dari masa lalu,” tambah Syukri yang dikenal masyarakat sebagai ustadz.

Ia pun menjelaskan, untuk menumbuh suburkan agar semua mempunyai imunitas terhadap ancaman-ancaman ideologi ‘ya harus memang dibudayakan kultur terbuka.

“Saya juga mengajak jangan takut terhadap itu, tetapi ketika pondasi kerangka berpikirnya kuat konsep nasionalisme apapun itu pasti terbendung,” tandasnya

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

35 − 34 =

Back to top button
×