DPRD Balikpapan

Fadlianoor Meminta Pihak Pertamina Segera Berikan Solusi Terbaik Kepada Warga Yang Terdampak Akibat Proyek RDMP

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Terkait keluhan warga terhadap Mega Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP), yakni perluasan kilang minyak Pertamina Balikpapan, diduga memberikan dampak kepada belasan rumah warga yang mengalami kerusakan ini, banyak mengundang perhatian dari berbagai pihak.

Salah satunya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Balikpapan, Fadlianoor Yang meminta pihak RDMP untuk memberikan solusi yang terbaik bagi warga masyarakat terdampak akibat Mega Proyek Perluasan Kilang Minyak Pertamina Balikpapan.

Saat dihubungi oleh Awak Media melalui Aplikasi WhastApp, Fadlianoor mengatakan pada dasarnya dirinya mendukung adanya Mega Proyek RDMP perluasan kilang minyak Pertamina Balikpapan.

Akan tetapi Fadlianoor meminta kepada pihak Pertamina untuk tetap menjalankan dan mengutamakan Undang-undang yang meliputi dua Aspek, yakni Aspek Sosial dan Aspek Lingkungan.

“Pihak Kami dalam hal ini Komisi IV DPRD kota Balikpapan, sudah beberapa kali telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Serikat Buruh dan warga masyarakat kota Balikpapan, banyak mengeluhkan terkait Proyek RDMP yang saat ini sedang berjalan”kata Fadli, Jumat (10/12/2021).

Fadlianoor menuturkan terkait keluhan masyarakat di aspek sosial yakni perekrutan tenaga kerja lokal yang saat ini masih sangat minim, sementara aspek lingkungan, banyaknya pemukiman warga yang terdampak akibat Proyek RDMP.

“Kita bisa liat dibeberapa daerah yang berdekatan atau ring satu dari Mega Proyek RDMP, banyak yang terkena dampak, Seperti yang terjadi dikawasan RT 23 Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah tepatnya di kawasan Panorama, belasan rumah warga mengalami kerusakan dibagian badan rumah sampai drainase lingkungan rumah warga”bebernya.

Perlu diketahui (Fadlianoor melanjutkan) bahwa saluran Drainase yang berada diwilayah tersebut merupakan Fasilitas Umum (Fasum) yang menggunakan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) kota Balikpapan.

“Saya mendengar pihak Pertamina beberapa kali sudah melakukan mediasi bersama warga sekitar, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya”tuturnya 

Untuk itu Fadlianoor selaku Anggota Komisi IV DPRD kota Balikpapan Meminta kepada Ketua DPRD kota Balikpapan untuk memanggil pihak Pertamina beserta Kontraktor dan Sub Kontraktornya agar datang ke DPRD untuk melakukan RDP.

“Saya juga meminta kepada Ketua DPRD dan Ketua Bapemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) untuk menyegerakan Perda ketenaga kerjaan yang memuat tenaga kerja lokal 70 persen dan non lokal 30 persen”tegasnya.

Selain itu Fadlianoor juga meminta kepada pihak Pertamina bukan hanya memperhatikan aspek sosial dan lingkungan, akan tetapi juga dapat mengakomodir para pengusaha lokal yang ada dikota Balikpapan.

Reporter : Faz

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42 − = 36

Back to top button
×