DPRD Balikpapan

Fraksi NasDem – PKB Mendukung Prioritas Pengalokasian Belanja Untuk Program Peningkatan dan Penguatan SDM

BALIKPAPAN, Rabu 01/11/2023
PAMUNGKASNEWS.ID – Fraksi NasDem include PKB menyampaikan pandangan umunya terkait dengan penjelasan walikota Balikpapan perihal Raperda 2023, yang disamapiakn dalam rapat pariputna DPRD Balikpapan, Senin (30/10/2023).

Adapun pandangan umumnya yang dibacakan oleh Parlindungan Sihotang adalah, rencana pendapatan daerah yang direncanakan Rp 3,33 triliun merupakan rencana pendapatan yang realistis dengan dioptimalkannya potensi pos pendapatanbutamanya dari sektor pajak dan retribusi.

“Fraksi NasDem dan PKB tentu mendukung prioritas pengalokasian belanja untuk program peningkatan dan penguatan Sumber Daya Manusia, hal ini menjadi sangat urgen dengan semakin dekatnya pemindahan Ibu Kota Nusantara ke Kaltim,” jelasnya.

Dipastikan dengan berpindahnya IKN ke Kaltim akan membuka peluang kerja bagi masyarakat, tentu tenaga kerga yang memiliki spesifikasi dan skill yang mumpuni, dengan berjalannya program peningkatan Sumber Daya Manusia akan membuka peluang bagi masyarakat lokal untuk mengisi ruang-ruang kerja dan tidak lagi menjadi penonton di rumah sendiri.

“Fraksi kami juga memberi penekanan perhatian pada angka SILPA yang tinggi di setiap tahun anggaran, termasuk tahun 2024 yang diprediksi angkanya sebesar Rp 328,92 miliar,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Fraksi NasDem dan PKB meminta Pemerintah Kota untuk mengoptimalkan serapan anggaran utamanya alokasi anggaran untuk kepentingan pelayanan publik, sebagaimana yang dipahami bersama bahwa SILPA angkanya cukup besar mengindikasikan tidak tepatnya pemerintah dalam melakukan anggaran.

Terkait alokasi anggaran Rp 6,3 miliiar untuk program pemasangan jaringan PDAM kepada masyarakat berpenghasilan rendah merupakan program yang patut di dukung bersama. Sebab program tersebut menyentuh langsung pada masyarakat kecil yang kondisi ekonominya kurang mampu.
Fraksi NasDem dan PKB berharap dalam
tahun politik seperti saat ini program tersebut tidak ditumpangi dengan kepentingan politik prakti.

Hal ini kami tekankan dengan adanya pemahaman dari masyarakat yang akan dibantu bahwa program pemasangan jaringan PDAM atas bantuan dari oknum tertentu dengan bargaining tertentu.

Reporter : Tin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

75 − = 65

Back to top button
×