DPRD Balikpapan

Gelar RDP Bersama Bappeda Litbang, Komisi III DPRD Balikpapan Menilai Serap Anggaran Dan Kinerjanya Cukup Baik

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Guna mempertanyakan besaran serap anggaran triwulan Pertama tahun 2023, Komisi III DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) kota Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) kota Balikpapan.

RDP yang digelar di ruang rapat Komisi III ini di pimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Balikpapan, Alwi Alqadri yang dihadiri Wakil Ketua Komisi III Fadlianoor, Sekretaris Komisi III H. Kamaruddin Ibrahim, dan anggota Komisi III lainya serta perwakilan dari Bappeda Litbang, Rabu (17/05/2023)

Usai RDP, Sekretaris Komisi III, H. Kamaruddin Ibrahim mengatakan dalam RDP kali ini komisi III mempertanyakan besaran penyerapan anggaran dan kinerja Bappeda Litbang sebagai Induk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota Balikpapan.

Dirinya menilai sampai saat ini Bappeda kota Balikpapan telah melakukan serap anggaran dengan cukup baik yakni sudah mencapai 43%, sementara dari sisi kinerjanya sudah mencapai 73%.

“Dengan capaian saat ini, kami (Komisi III red) sangat mengapresiasi kinerja dari Bappeda Litbang kota Balikpapan”ujar H. Kamaruddin Ibrahim yang kerab di sapa H. Aco ini di ruang kerjanya.

Lebih rinci H. Aco menjelaskan, mengenai pembahasan lain dalam RDP kali ini, terkait perencanaan-peremcanaan pembangunan yang akan dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

“Hal-hal lain yang disampaikan dalam RDP yakni mengenai rencana pembangunan kota Balikpapan, seperti pembangunan Flay Over di turunan Muara Rapak yang ternyata tidak dibutuhkan namun dapat menggunakan Underpass” sebutnya.

“Kemudian pembangunan jembatan Kariangau, dimana DED (Detail Engineering Design) pembangunan jembatan tersebut telah selesai. Saat ini memasuki tahapan pembebasan lahan, semoga 2024 sudah dapat dilaksanakan”lanjut politisi Partai NasDem tersebut.

Permasalahan-permasalahan lain yang di sampaikan dalam RDP ini, H Aco menyampaikan hanya permasalahan di Dapil (Daerah Pemilihan) masing-masing, baik itu pembangunan Rumah Sakit (RS) di wilayah Balikpapan Timur dan Balikpapan Barat hingga pembangunan sekolah di wilayah Balikpapan Timur.

“Ya seperti yang di sampaikan Anggota Komisi III Dapil Balikpapan Timur, Nurhadi Saputra, yang menyampaikan kapan dilaksanakannya pembangunan RS dan gedung sekolah baru di wilayah Balikpapan Timur, yang mana Bappeda mengatakan telah dianggarkan serta lahan telah tersedia tinggal pelaksanaanya”kata H. Aco

“Begitu juga pembangunan Rumah Sakit Balikpapan Barat, menurut kabarnya dari sisi hukum sudah menang dan tinggal pelaksanaan”sambungnya.

Untuk evaluasi Bappeda, H. Aco menyebutkan secara keseluruhan kinerja dan serap anggaran yang dilakukan Bappeda cukup baik.

“Untuk saat ini tidak ada catatan, kami (Komisi III red) menilai sejauh ini kinerja Bappeda sangat baik”tandasnya

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 2 =

Back to top button
×