DPRD Balikpapan

Kebakaran Melanda Kota Balikpapan, Anggota Komisi IV Minta BPBD Aktif Sosialisasi Pencegahan ke Masyarakat

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN –  Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Asep Ahmad Sapturi meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. Hal itu menyusul peristiwa kebakaran dalam beberapa pekan terakhir di Balikpapan.

Kebakaran yang sudah menghanguskan sejumlah rumah dan tempat usaha milik masyarakat di Balikpapan sudah selayaknya diperhatikan, terutama oleh dinas terkait agar peristiwa itu tidak terulang secara terus menerus.

“Untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, kita meminta dinas terkait dalam hal ini BPBD Balikpapan agar aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk pencegahannya,” ujar Asep Ahmad Sapturi saat ditemui di ruang Fraksi PKS kantor DPRD Balikpapan, Kamis (14/9/2023).

Menurut dia, BPBD tak perlu menunggu terjadinya kebakaran, baru melakukan sosialisasi. Pihaknya meminta untuk aktif turun ke lingkungan atau Kelurahan-Kelurahan.

Kendati begitu, dia mengaspresiasi upaya Pemerintah Kota melalui Kelurahan tembusan dari Kecamatan, yang menyebarkan pemberitahuan berisi tentang pencegahan sedini mungkin terhadap ancaman bahaya kebakaran kepada para Ketua RT.

“Informasi itu saya baca, yaitu menghimbau masyarakat untuk mengontrol jangan sampai ada penumpukan sambungan kabel dan dibiarkan terlalu lama, dan harus segera diperbaiki. Karena itu memicu potensi kebakaran,” ungkap pria yang juga selaku Ketua RT 51 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah itu.

Ditambahkannya, bahwa hingga saat ini pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) para RT gencar dilakukan, oleh karena itu dia meminta BPBD juga aktif mengisi kegiatan tersebut sekaligus mensosialisasikan ancaman bahaya kebakaran kepada masyarakat. Apalagi, kata dia, Balikpapan kini tengah menghadapi musim kemarau/panas yang cukup panjang.

“34 Kelurahan itu rutin mengumpulkan RT. Nah, di situlah sarana sosialisasi bagi BPBD,” ujarnya.

“Dan kalau memang perlu, kami Komisi IV juga siap untuk turun tangan membantu mensosialisasikan terhadap antisipasi kebakaran,” katanya, lebih lanjut.

Reporter : 1201

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 5 = 2

Back to top button
×