PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Komisi IV DPRD Balikpapan melakukan kunjungan lapangan (Kunlap) ke Rumah Sakit Medical Hutama Manggar, Balikpapan Timur, pada Jumat (29/9/2023).
Kunlap tersebut menindaklanjuti laporan warga masyarakat terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Kunlap dipimpin anggota Komisi IV DPRD Balikpapan Parlindungan Sihotang yang didampingi Suryani dan Kasmah. Dari pihak Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan diwakili oleh Seketaris DKK dan oihak Puskesmas Manggar dan Puskesmas Manggar Baru.
Parlindungan Sihotang menyampaikan, kunlap ini menindaklanjuti beberapa keluhan pelayanan rumah sakit yang kurang bersahabat dengan masyarakat.
” Dan untuk mengetahui kebenarannya, kami telusuri ternyata ada miskomunikasi dan mungkin juga ada hal-hal yang tidak sesuai,” kata Parlindungan seusai meninjau Rumah Sakit Medika Hutama.
Lanjutnya, sehingga pihaknya meluruskan hal itu, karena sebelumnya pasien mengeluh tidak tertangani, padahal nyatanya tertangani. Dijelaskan, hanya saja saat pasien sehat dan pulang, namun 4 jam kemudian pasien mengalami kejang-kejang dan dirujuk ke RSKD, itu lah yang diluruskan.
“Termasuk tingkat pelayanan di rumah sakit medika agar lebih ditingkatkan, mulai penerima pasien dan dari sisi sosialnya,” jelasnya.
Ia juga mengingatkan agar dokter di Rumah Sakit Medika tidak melayani pasien sampai overload dalam satu hari. Dikarenakan ini rumah sakit swasta murni, sehingga tidak bisa telalu intervensi.
Namun secara standar untuk tipe D sudah cukup bagus. Fasilitasnya pun sudah lumayan lengkap, ada ruang operasi, ICU, ruang rawat kelas I, II, III dan VIP.
“Hanya saja secara umum pelayanannya sudah cukup bagus, hanya saja dewan minta dari sisi sosialnya lebih ditingkatkan,” imbuhnya.
Tempat yang sama, Direktur Rumah Sakit Medika dr Muhammad Abduh menyambut baik kunjungan anggota DPRD Balikpapan. Karena ada pengawasan yang melekat untuk pihaknya sebagai wadah rumah sakit yang memang merupakan satu-satunya rumah sakit di Baltim.
“Kami juga terus berinovasi untuk pengembangan, karena memang untuk ke kota lokasinya cukup jauh, dan kami sudah siapkan beberapa palayanan,” tambah Abduh saat ditemui dilokasi.
Ditanya soal peningkatan pelayanan, tentu pihaknya akan terus berupaya memperbaiki agar bisa memberikan oelayanan terbaik untuk masyarakat.
Reporter : Tin