DPRD Balikpapan

Minta Pemkot Lakukan Sosialisasi, Parlindungan Sebut Sebagian Besar Penyebab Kebakaran Korsleting Listrik

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Seringnya terjadi musibah kebakaran dikota Balikpapan, menjadi perhatian serius bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Balikpapan. Pasalnya sebagian besar penyebab kebakaran dikarenakan korsleting atau hubungan arus pendek.

Kurangnya pemahaman tentang Kelistrikanlah sehingga masyarakat dalam melakukan penyambungan kabel listrik dan instalasi listrik hanya sekedarnya saja tanpa didasari ilmu yang cukup. Ini lah yang sering menyebabkan terjadinya korslenting (arus pendek).

Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui dinas terkaitnya agar terus menghimbau masyarakat terkait bahayanya hubungan arus pendek. Sehingga masyarakat tidak melakukan penyambungan kabel listrik sendiri tanpa didasari pengetahuan yang cukup.

Seperti yang dikatakan Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan Parlindungan Sihotang, SE, kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya kantor DPRD Balikpapan.

Ia mengatakan saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan bahwa sebagian besar penyebab terjadinya kebakaran adalah Korsleting arus pendek.

“Ya menurut keterangan dinas peyebab utama kebakaran adalah arus pendek”kata Parlindungan, Selasa (04/10/2022).

Parlin (sapaan akrab Parlindungan) menuturkan untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang disebabkan arus pendek, Pemkot Balikpapan melalui dinas terkait harus dapat terjun ke masyarakat untuk menghimbau bahayanya jika terjadi korsleting listrik.

“Untuk meminimalisir terjadinya korsleting listrik BPBD harus melakukan sosialisasi ke masyarakat, jika perlu turun kelapangan untuk mengecek rumah warga, layak apa tidak jaringan listriknya”tuturnya.

“Jadi Pemkot Balikpapan harus dapat memprogramkan untuk melakukan sosialisasi dengan memberikan pemahaman bahayanya masalah arus pendek, sehingga masyarakat mengerti dan tidak melakukan hal -hal yang dapat menyebabkan terjadinya arus pendek tersebut”lanjutnya.

Dalam kesempatan ini Parlindungan juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan penyambungan kabel arus listrik atau membuat instalasi listrik sendiri, namun menyerahkan kepada orang yang ahli di bidang listrik

“Ya saya menghimbau kepada masyarakat Balikpapan tidak melakukan sendiri jika ada kerusakan kabel atau jaringan listrik di rumahnya, serahkan kepada ahlinya, dan selain itu juga harus tetap waspada terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan musibah kebakaran”tandasnya

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1

Back to top button
×