DPRD Balikpapan

Partai Koalisi Akhirnya Restui Dua Nama Kandidat Wawali Balikpapan Pengganti Thohari Aziz

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN –  Partai Koalisi Pendukung akhirnya merestui dua nama kandidat Wakil Walikota (Wawali) Kota Balikpapan pengganti almarhum Thohari Aziz sisa masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota periode 2021 – 2024.

Dua nama itu diusulkan setelah melalui proses voting dalam pertemuan ketiga dengan partai koalisi pendukung. Pertemuan ketiga itu merupakan inisiasi Partai Golkar untuk menentukan dua kandidat sesuai rekomendasi Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Cukup menyita waktu, karena sebelumnya pertemuan yang di inisiasi oleh Partai Golkar itu juga dilakukan sebanyak dua kali dengan Partai Koalisi, tapi tidak membuahkan hasil.

Sebelumnya, masing-masing partai mengusulkan nama. Diantranya, Partai Golkar dan PPP mengusulkan nama Risti Utami yang merupakan istri almarhum Thohari Aziz.

Kemudian, PDIP mengusulkan nama Budiono, Partai Demokrat mengusulkan Denni Mappa, PKB dan Perindo mengusulkan Alphad Syarif, Gerindra mengusulkan Sabaruddin Panrecalle, PKS mengusulkan Sayid MN Fadli

“Dari hasil pertemuan ketiga, Partai Golkar dan partai koalisi akhirnya menyepakati dan merestui dua nama yakni Risti Utami dan Budiono,” ungkap Ketua Harian Partai Golkar, Andi Arief Agung saat dikonfirmasi media ini, Kamis, (7/9/2023).

Dijelaskan, dalam pertemuan ketiga itu dihadiri oleh Partai Golkar melalui dirinya dan Sekretaris Partai Golkar Abdulloh. Kemudian, Gerindra dihadiri ketua partainya Muhammad Taqwa, PDI Perjuangan oleh Budiono dan hadir ketua PPP Iwan Wahyudi, Ketua PKB oleh Adam dan sekretaris Rafi’i, PKS dihadiri Son Haji, dan Sekretaris Partai Demokrat Mieke Henny.

“Semua partai pengusung melakukan voting secara terbuka dan dipersilahkan mengusulkan satu atau dua nama. Walau berdasarkan rekomendasi Wali Kota Balikpapan yang meminta dua kandidat, namun satu partai diperbolehkan memilih satu nama saja,” jelasnya.

“Dari hasil itu, akhirnya enam nama dikerucutkan jadi dua nama yaitu Risti dan Budiono,” terang Andi Arief Agung, lebih lanjut.

Selanjutnya, kata dia, dua nama itu akan segera disampaikan ke Walikota Balikpapan. Kemudian, Walikota membuat surat rekomendasi yang ditujukan kepada DPRD Kota Balikpapan.

“Nanti DPRD Balikpapan akan menugaskan Panlih (Panitia Pemilih) untuk melaksanakan proses pemilihan dari dua nama kandidat itu untuk menjadi Wawali,” bebernya.

Reporter : 3011

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 4 =

Back to top button
×