Pemkot Balikpapan

Pemkot Apresiasi Pelatihan Dasar Mekanik Alat Berat

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Balikpapan Agung Budi Wibowo, mewakili Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas’ud membuka sekaligus menutup Pelatihan Dasar Mekanik Alat Berat yang digelar PT Edukasi Reksa Manajemen, di Hotel Blue Sky Balikpapan, Selasa (9/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Kadisnakertrans Kabupaten Kutai Kartanegara Ahmad, Kepala BLKI Balikpapan Suryaningsih, Direktur LPK PT ERM Kusdi dan General Manager PT ERM Dimas.

Saat membacakan sambutan Walikota Balikpapan bahwa, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakan pelatihan ini dengan harapan pelatihan ini bisa memberikan wawasan dan keterampilan bagi para peserta. Sehingga dapat menjadi bekal yang berharga dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat.

“Pelatihan ini dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta, sebagai kesempatan untuk mengembangkan kompetensi diri memiliki kemampuan sebagai tenaga kerja yang mandiri, sekaligus berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan daerah terkait dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke provinsi Kalimantan Timur (Kaltim),” jelasnya.

Tentunya, semakin maraknya pembangunan infrastruktur yang memerlukan alat-alat berat. “Ini menjadi peluang yang hendaknya di manfaatkan oleh SDM alat berat dan jasa konstruksi,” ucapnya.

Pemkot Balikpapan senantiasa mendorong upaya pelatihan bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berguna memberikan kesempatan bagi tenaga kerja lokal, untuk bersaing dalam bursa kerja. Di sisi lain tenaga kerja lokal harus mengembangkan kompetensi juga harus mempersiapkan mental, untuk menghadapi persaingan karena sebagai daerah yang akan menjadi penyangga IKN.

“Kota Balikpapan ke depannya akan banyak diserbu oleh tenaga kerja dari berbagai daerah di tanah air. Semoga dengan tenaga kerja yang terampil dan berkualitas dapat memudahkan SDM lokal Balikpapan terserap dalam dunia kerja, sehingga menjadi salah satu solusi dalam menurunkan tingkat pengangguran terbuka Kota Balikpapan,” paparnya.

Diketahui, saat ini tingkat pengangguran terbuka di Kota Balikpapan berada diangka 8,94 persen atau masih berada di atas rata-rata angka pengangguran terbuka provinsi dan nasional.

Sementara itu, Direktur LPK PT ERM Kusdi menjelaskan saat ini pelatihan gelombang diikuti sebanyak 195 peserta dan jumlah yang terserap sebanyak 132 orang. Sedangkan, gelombang I yang telah ikut dalam pelatihan berjumlah 182 orang dan yang sudah masuk dunia kerja berjumlah 157 peserta.

Reporter : NKE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 59 = 62

Back to top button
×