DPRD Balikpapan

Pengembang Telantarkan Perumahan, Siswanto Minta Pemkot Ambil Alih Perbaikan PSU

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Anggota Pansus Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) DPRD Balikpapan Siswanto Budi Utomo meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan pemanggilan para pengembang perumahan di Kota Balikpapan.

Buntut dari adanya temuan Pansus PSU terkait pengembang nakal dan menelantarkan perumahan bahkan hengkang tanpa jejak.

“Ini dilakukan agar tidak ada pembiaran terkait rumah yang dibangunnya, supaya dapat menyelesaikan kewajibannya,” kata pria yang duduk di Komisi III ini saat ditemui di gedung DPRD Balikpapan, Kamis (28/10/2023).

Siswanto menyebutkan, berdasarkan data yang dihimpun, di Balikpapan tercatat ada 200 pengembang perumahan.

“Dari 200 itu beberapa di antaranya bermasalah bahkan hengkang dari Kota Balikpapan,” tuturnya.

Hengkangnya pengembang itu tentu akan berdampak buruk bagi masyarakat, contohnya seperti kebutuhan perbaikan Fasilitas Umum (Fasum) di perumahan tersebut.

“Jika terjadi kerusakan seperti Penerangan Jalan Umum (PJU), jalan masuk lingkungan perumahan, drainase dan bozem akan sulit dilakukan perbaikan,” ungkapnya.

Diakuinya, ada beberapa pengembang yang sudah hengkang sehingga tidak jelas alamatnya. Padahal, penghuni perumahan membutuhkan fasilitas seperti penerangan jalan umum (PJU), perbaikan jalan lingkungan, drainase serta bozem.

Untuk itu, politisi Partai Gerinda ini meminta kepada OPD terkait, untuk segera memanggil pengembang yang membiarkan perumahan yang sedang dibangun agar mereka dapat menyelesaikan kewajibannya.

“Apabila pengembang yang telah menelantarkan bangunan atau sudah hengkang dari Balikpapan. Alangkah baiknya pemkot mengambil alih perbaikan PSU. Bagaiman pun juga mereka adalah warga Kota Balikpapan yang setiap tahun membayar pajak,”pungkasnya.

Reporter : Tin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

92 − = 89

Back to top button
×