DPRD Balikpapan

Sabaruddin : Kota Balikpapan Sebagai Tuan Rumah Haornas, Pemkot Harus Siap Semaksimal Mungkin

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id -Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 39 tahun 2022, akan berlangsung pada tanggal 09 September 2022 di Stadion Batakan Kelurahan Manggar Kecamatan Balikpapan Timur (Baltim).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle mengingatkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, untuk mempersiapkan dalam menyambut even besar ini.

Kegiatan ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Gubernur Seluruh Indonesia dan pejabat tinggi lainnya. Sehingga, persiapan harus lebih matang.

“Kita mengingat kalau even ini nasional bahkan setara internasional, karena yang hadir Presiden dan Kepala Daerah,” jelasnya saat ditemui di Kantor DPRD Balikpapan, Senin (22/8/2022).

Salah satu yang harus dipersiapkan yakni tingkat kepadatan pengguna jalan di wilayah Balikpapan Timur sangat luar biasa ramai. Pasalnya akses jalan ke wilayah Baltim hanya memiliki satu akses jalan saja, sehingga Pemkot Balikpapan dalam hal ini Dinas Perhubungan harus mempertimbangkan, agar kemacetan di wilayah Baltim tidak terjadi pada saat pelaksanaan Haornas.

Sebagai contoh, pada saat pelaksanaan  pertandingan sepak bola Persiba di stadion Batakan, padahal jarak yang ditempuh kurang lebih 5 kilometer tetapi kemacetan pun terjadi hingga berjam-jam.

“Kita ingatkan kepada Dinas Perhubungan dan Kepolisian harus membuat jalur rekayasa, tidak menutup kemungkinan jalur laut. Itu bisa dipertimbangkan,” terangnya.

Begitu juga, untuk memastikan dan menyakinkan para peserta yang mengikuti Haornas sudah melakukan vaksinasi Booster, dikarenakan Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Ditambah lagi promosi mengenai pelaksanaan Haornas di Kota Balikpapan harus disiapkan dan dimaksimalkan mungkin. Ketika promosi dimaksimalkan tentunya harus dibarengi dengan persiapan diantaranya  transportasi, perhotelan, termasuk makanan khas Balikpapan harus memadai. Kesempatan ini harus dapat digunakan sebaik-baiknya.

Sabaruddin mengungkapkan, Kota Balikpapan banyak mendapatkan MURI terkait makanan seperti nasi goreng nanas, pepaya mini, indomie tepung tapioka. Namun, semua itu hilang begitu saja.

“Itu kemana semua. Jangan hanya simbolik saja yang selalu digaungkan dari tahun ke tahun tapi harusnya disajikan. Itu bisa memperkaya UMKM di Kota Balikpapan sesuai dengan slogan kita Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” seru Politisi Partai Gerindra Balikpapan.

Pemerintah harus dapat mempersiapkan semaksimal mungkin dan tentunya butuh kerja sama dengan stakeholder, masyarakat termasuk media, karena Pemerintah tidak dapat bekerja semdiri.

“Ini golden momen Kota Balikpapan supaya bisa meningkatkan pendapatan Kota Balikpapan,” ujarnya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

57 + = 59

Back to top button
×