DPRD Balikpapan

Sebagai Jalur Transportasi Satu-satunya, Nurhadi Meminta Agar Pemerintah Memberikan Perhatian Lebih Terhadap Jalan Mulawarman

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Selain sebagai pintu gerbang menuju Kabupaten  Kutai Kertanegara (Kukar), Jalan poros Mulawarman, juga merupakan akses jalan satu-satunya untuk menuju Gerbang Tol Manggar.

Untuk itu sudah selayaknya akses jalan tersebut mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah baik Provinsi maupun Pusat untuk membenahinya, pasalnya jalan tersebut merupakan jalur satu-satunya penghubung gerbang tol Manggar, dan beberapa tempat Destinasi Wisata yang ada di Balikpapan Timur.

Seperti yang dikatakan Nurhadi Saputra, SH.MH anggota Komisi II DPRD kota Balikpapan saat ditemui Awak media diruang kerjanya. Dirinya mengatakan, kini akses Jalan Mulawarman merupakan jalur penghubung satu-satunya yang digunakan untuk menuju Gerbang tol Manggar.

Nurhadi juga menanyakan status dari Jalan Mulawarman tersebut, setahu dirinya jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah Provinsi Kaltim, namun seiring perkembangan zaman dibangun lah Jalan Tol Balikpapan-Samboja dan Balikpapan-Samarinda yang masuk gerbang tol tersebut menggunakan akses Jalan Mulawarman.

“Sesuai dengan Undang-undang Jalan Tol, bahwa penghubung Keluar – masuknya gerbang tol secara otomatis menjadi jalan Nasional, nah ini kembali menjadi pertanyaan lagi, atas kewenangan jalan tersebut”kata Nurhadi, Senin (31/01/2022), diruang kerjanya

“Dengan begitu saya tetap bersyukur, Alhamdulillah di tahun 2021 kemarin Jalan Mulawarman telah mendapatkan perbaikan dari pemerintah” tambahnya.

Menurut Nurhadi, Jalan Mulawarman tersebut sudah seharusnya dijadikan dua jalur sesuai dengan kebutuhannya, yakni sebagai penopang akses keluar – masuk gerbang tol Manggar dan juga Balikpapan merupakan penyanggah Ibu Kota Negara, untuk itu perlu dilakukan pembenahan.

“Saya menunggu bagai mana keputusan dari pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), terkait jalan tersebut”tuturnya

“Bagaimanapun jalan Mulawarman saat ini digunakan masyarakat sebagai  jalur ke kota Samarinda yang menggunakan tol Manggar”lanjutnya.

Lebih rinci Nurhadi menjelaskan bahwa jalan Mulawarman juga sebagai  akses menuju Kabupaten Kukar, secara otomatis ini merupakan pintu gerbang yang berbatasan langsung antara kota Balikpapan dan Kabupaten Kukar.

“Yang harus di ingat juga, jalan Mulawarman merupakan akses satu-satunya untuk menuju Asrama Haji, tempat Pariwisata yang ada di Balikpapan Timur, jadi memang harus ada kerja sama yang luar biasa antara pemerintahan Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim dan Pusat, untuk memperhatikan jalan Mulawarman tersebut”bebernya.

Harus diakui (Lanjut Nurhadi), bahwa jalan Mulawarman merupakan jalan protokol satu-satunya di Balikpapan timur, dan dijalan tersebut ada beberapa titik jembatan yang sudah sangat tua dan mulai keropos.

“Seandainya (mudah-mudahan tidak) ada musibah jembatan tersebut putus, maka tidak ada jalur lain yang digunakan masyarakat Balikpapan timur sebagai jalur transfortasi”ungkapnya.

“Untuk itu pemerintah, mulai dari sekarang untuk memikirkan untuk pembenahan jalan tersebut, bukan hanya jalanya saja namun harus satu paket dengan drainasenya, agar tidak menimbulkan masalah baru”pungkasnya

Reporter :Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 2

Back to top button
×