DPRD Balikpapan

Sinkronisasi Pembentukan Perda di Kota Balikpapan, DPRD dan Pemkot Gelar Raker

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN –  Upaya singkronisasi program pembentukan Peraturan Daerah (Perda) tahun 2024 di Kota Balikpapan, Komisi III DPRD Balikpapan bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Balikpapan menggelar rapat kerja (Raker) di Hotel Novotel Balikpapan, Rabu, (8/11/2023).

Koordinator Komisi III DPRD Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle menjelaskan, Raker tersebut untuk menginventarisasi kebutuhan kajian akademik menjadi naskah akademik. Sehingga diperlukan masukan-masukan dari mitra kerjanya dari sejumlah OPD.

“Inisiasi pembentukan Perda itu ada dari DPRD, ada juga dari Pemerintah Kota. Makanya hari ini kami berdiskusi untuk mensinkronisasikan bersama-sama yang mana dianggap urgensi, agar kajian akademik itu dapat ditingkatkan menjadi naskah akademik,” jelas Sabaruddin seusai melaksanakan Raker kepada sejumlah wartawan.

Menurut Sabaruddin, jika naskah akademik nantinya sudah dianggap final, maka akan ditingkatkan menjadi Perda. Namun hal itu harus dipadukan dari persetujuan pendapat bersama dari semu pihak, yakni antara Komisi III dan sejumlah OPD mitra kerjanya.

“Jadi supaya tidak memutuskan secara sepihak, maka kami undanglah mitra kami untuk meminta masukan dan memutuskan mana yang final dan yang belum, supaya naskah yang bersifat urgen segera di up menjadi Perda,” jelasnya.

Sabaruddin mengatakan, terkait dengan kajian akademik itu pihaknya dari Komisi III memiliki enam kajian akademik dan tiga naskah akademik yang tengah dirumuskan secara matang untuk ditingkatkan menjadi Perda.

Sedangkan, untuk tiga naskah akademik juga telah melalui rangkaian beberapa tahapan, termasuk konsultasi ke Kementerian dan Universitas berkompeten seperti Gadjah Mada dan Brawijaya.

“Kalau kiblatnya kawan-kawan Komisi III itu konsultasinya ke kampus Gadjah Mada dan Briwijaya. Karena kedua Kampus itu sudah tidak diragukan lagi kompetensinya,” ujarnya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

74 − = 73

Back to top button
×