DPRD Balikpapan

Slamet Ajak Warga Balikpapan Urus Sertifikat Tanah

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Anggota Komisi II DPRD Balikpapan, Slamet Iman Santoso mengaku Pemerintah Pusat (Pempus) punya program prioritas Nasional yang berupa percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) gratis.

Namun, program tersebut tak diserap maksimal di Kota Balikpapan, sehingga masih banyak warga yang kesulitan mendapatkan sertifikat tanahnya.

Slamet mengatakan kondisi ini menjadi PR bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan yang masih belum berkomitmen mengawal program PTSL gratis ini.

“Pemerintah memberikan regulasi yang mudah dengan pelayanan masyarakat untuk memiliki hak atas tanahnya dan tentu harus memiliki komitmen yang sama. Artinya Pemkot Balikpapan harus mengawal ini, termasuk camat dan lurah dalam rangka memenuhi harapan pemerintah,” ucapnya, Selasa (10/10/2023).

Untuk itu, kata dia, Pemkot Balikpapan diharapkan bisa bersinergi dengan ATR/BPN atau pun camat dalam percepatan merelaksasikan Izin Membuka Tanah Negara (IMTN) menjadi sertifikat.

“Ini juga menjadi kesepahaman bersama saat kami menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pihak ATR/BPN beserta camat untuk mengawal program ini,” ungkapnya.

Untuk, itu, dikatakannya, ada opsi juga yang disampaikan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Balikpapan, dalam waktu dekat ini harus merealisasikan sertifikat dari IMTN yang ada sekitar sekian ribu ini.

“Tanah masyarakat yang objeknya ada rumahnya, patok batas, bukti transaksi jual-belinya, itu bisa diajukan kepada ATR/BPN untuk diperjuangkan hak atas tanahnya secara gratis. Itu juga harus diikuti ketentuan pihak ATR/BPN, nanti ada foam yang disediakan untuk menjadi dasar proses sertifikat,” terangnya.

Ia menyarankan kepada masyarakat untuk tidak harus ke IMTN dulu tapi bisa langsung mengajukan sertifikat.

“Jadi memotong birokrasi untuk memudahkan percepatan pembuatan sertifikat atas hak tanah warga, ini harapan pemerintah supaya hak warga segera dimiliki. Kami berharap momentum ini dimanfaatkan karena masih dari sekian ribu yang direalisasikan sertifikat tanah masyarakat. Untuk itu informasi ini penting, ada foam di sini. Kalau tidak tahu silahkan bertanya, dan ingat ini tanpa biaya sepeserpun,” jelasnya.

Reporter : Tin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 55 = 62

Back to top button
×