DPRD Balikpapan

Tak Terburu-Buru Pasang Algaka, Edy Alfonso : Tunggu Waktu Kampanye Saja

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN –  Anggota Komisi I DPRD Kota Balikpapan, Edy Alfonso yang juga Calon Legislatif (Caleg) incumbent pada Pemilu 2024 mengaku tak terburu-buru memasang Alat Peraga Kampanye (Algaka). Dirinya mengaku mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Tak usah terburu-buru, tunggu waktu kampanye saja,” ucapnya saat ditemui media ini, Selasa, (8/11/2023).

Politikus Partai Golkar ini juga mengimbau kepada para Caleg untuk sama-sama menahan diri dalam menggaungkan kampanye melalui Algaka sebelum masa kampanye dimulai, yakni pada tanggal 28 November 2023.

Menurut Edy sapaan akrabnya, saat ini masih banyak Algaka hampir di setiap sudut Kota Balikpapan terpasang baliho berbau kampanye. Pada hal belum diperbolehkan.

“Jadi tahan-tahan dulu lah. Nanti kalau sudah tiba masanya pada 28 November ini, baru diperbolehkan,” ujarnya.

Kendati demikian, Edy mengatakan, pemasangan baliho, spanduk, stiker dan sejenisnya tidak dilarang sebelum masa kampanye dimulai, namun harus sesuai dengan aturan.

“Sah-sah saja Caleg memasang baliho, spanduk, stiker dan sejenisnya, namun sesuai aturan yang ada. Misalnya, tidak ada ajakan untuk memilih caleg tertentu, tidak ada gambar pakunya yang terkesan untuk mencoblos Caleg tersebut. Jika hanya sebatas gambar atau ucapan tertentu tidak ada masalah,” jelasnya.

“Sedangkan untuk Parpol dalam ucapan boleh mencantumkan logo, asalkan tidak mencantumkan nomor. Jadi bagaimana cara memainkan kalimat saja dulu, yang tidak berbau kampanye,” sambungnya.

Edy mengajak sesama Caleg agar lebih bersabar dalam melakukan kampanye Algaka lebih awal, agar tidak mengalami kerugian materi dan waktu. Sebab, kata dia, semua baliho dan sejenisnya yang berbau kampanye pasti di copot oleh pemegang peranan dalam hal ini Satpol PP.

“Kan kasian juga nanti yang sudah mengeluarkan biaya besar untuk pasang baliho dan reklame akhirnya diturunkan oleh tim Pemilu, dalam hal ini oleh Satpol PP sebagai tim eksekutor,” katanya.

Reporter : Tin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

70 − 66 =

Back to top button
×