DPRD Balikpapan

Tapal Batas Kelurahan Karang Joang-Manggar Belum Jelas, Legalitas Kepemilikan Lahan Jadi Masalah

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Tapal batas antara Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara dengan Kelurahan Manggar Balikpapan Timur hingga kini menjadi persoalan yang urung tuntas. Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Simon Sulean ingin Wali Kota segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) demi memberi kepastian hukum terhadap masyarakat.

Simon dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama unsur terkait baru-baru ini mengungkap bahwa tapal batas di wilayah tersebut belum jelas.

“Kami mendorong pemerintah agar cepat membuat surat keputusan walikota tentang tapal batas ini. Sehingga aktivitas tertib administrasi oleh masyarakat itu berjalan dengan baik dan ada kepastian hukum,” ujarnya, Kamis (29/9/2022).

Persolan tapal batas diakui sangat berdampak kepada masyarakat, terutama terkait dengan administrasi kependudukan dan legalitas kepemilikan lahan.

“Apakah masuk Utara atau di Timur. Itu kan penting sekali. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini Pemkot sudah bisa menyelesaikannya,” harapnya.

Ia menambahkan, bahwa dinas terkait telah berkoordinasi dengan tim yang khusus dibentuk untuk menanganai masalah tapal batas ini. Tak jarang persoalan legalitas lahan yang muncul akibat ketidakjelasan administrasi tersebut.

Apalagi, kata Simon, keluhan semakin menumpuk sejak pembangunan jalan tol di kawasan tersebut.

Padahal menurutnya, saat ini sudah ada titik koordinat, hanya saja secara fisik di lapangan belum dapat ditentukan. Akhirnya masyarakat bingung.

“Saya pikir semua pihak harus duduk bersama agar mencari solusinya bersama kalau ada overlay atau seperti apa agar cepat selesai. Ini hal yang mudah, hanya tinggal memasang patok pembatasnya saja,” pungkasnya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

80 + = 90

Back to top button
×