DPRD Balikpapan

Tatib Pemilihan Wakil Walikota Memasuki Tahap Final, Pansus Akan Konsultasi ke Biro Hukum Provinsi

BALIKPAPAN, Pamungkasnews.id – Peroses perubahan Tata Tertib (Tatib) pemilihan Wakil Walikota Balikpapan terus dilakukan Panitia Khusus (Pansus ) Tatib DPRD kota Balikpapan melalui rapat internalnya.

Saat ini proses perubahan Tatib pemilihan Wakil Walikota Balikpapan telah memasuki tahap final. Hal tersebut dikatakan Ketua Pansus Tatib (Pemilihan Wakil Walikota Balikpapan),  Simon Sulean.

Simon menyebutkan pihaknya menargetkan pembahasan perubahan Tatib tersebut akan selesai pada bulan ini. Untuk kemudian  akan dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan calon Wakil Wali Kota Balikpapan.

“Bisa dikatakan dalam waktu dekat pembahasan revisi tatib ini sudah mendekati final. Setelah ini hasil dari revisi tatib tersebut akan menjadi acuan bagi panitia pemilihan Wakil Walikota nantinya” kata Simon kepada awak Media,Selasa (14/06/2022).

Simon juga menyampaikan bahwa tahapan proses revisi Tatib pemilihan Wakil Walikota Balikpapan yang bisa dikatakan sudah masuki babak akhir ini, terkendala satu pasal yang mana harus di konsultasikan ke biro Hukum di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dirinya mengatakan konsultasi ini, bertujuan untuk menyamakan persepsi, harus seperti apa, pasalnya di dalam tatib yang lama sepertinya masih ada yang kurang sinkron dengan undang-undang yang ada di atasnya, hal inilah yang menjadi kendala pansus dalam menyelesaikan tatib tersebut.

“Kita harus memastikan bahwa apakah Tatib yang ada sebelumnya ini sudah sama atau masih ada perubahan terutama dalam pemilihan Wakil Walikota” terangnya.

Saat di tanya terkait pasal apa yang harus di konsultasikan Simon Sulean enggan untuk memberikan keterangan, Meski demikian dirinya  tidak menerangkan lebih rinci. Dirinya hanya menyebut menyerahkan kepakar hukum DPRD Balikpapan.

“Soal pasal yang akan dikonsultasikan, nanti sama pakarnya, kita sama-sama untuk membicarakan itu. Makanya kita konsultasikan dulu sama Biro Hukumnya, pasal ini apakah sudah tepat atau harus disesuaikan lagi,”bebernya.

Seusai rencana setelah pembahasan revisi Tatib ini selesai, DPRD Kota Balikpapan akan melanjutkan pada pembentukan panitia pemilihan Wakil Wali Kota Balikpapan.

“Ditargetkan pembahasan revisi Tatib ini selesai dikerjakan pada bulan ini, sehingga bulan depan panitia pemilihan legislatif sudah bisa dibentuk,” pungkasnya

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 2 =

Back to top button
×