DPRD Balikpapan

Taufik Minta Pemkot Balikpapan Segera Stabilkan Harga Beras

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – Naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok (sembako), satu di antaranya adalah beras, yang kini dikeluhkan warga Balikpapan, mendapat perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan.

Anggota Komisi II DPRD Balikpapan, Taufik Qul Rahman mengatakan, setelah selesai Covid-19, pemerintah pusat sampai ke pemerintahan bawah, kabupaten kota lagi meningkatkan penstabilan atau pemulihan ekonomi. Sayang, upaya ini tidak berjalan lancar.

“Di satu sisi, permasalahan ekonomi, yang kebetulan hari ini adalah Hari Tani Nasional. Dan, tadi ini didemo juga. Salah satunya bagaimana sembako yang saat ini harganya lagi naik. Nah, bagaimana mau pemulihan ekonomi kalau harga sembako kian hari mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” kata Taufik.

Menurutnya, kebutuhan pokok masyarakat Balikpapan tergantung dari luar daerah, salah satunya Sulawesi. Mengingat pasokan beras di Kaltim didominasi dari Sulawesi dan Surabaya.

“Berarti ekonomi Balikpapan khususnya, tidak baik-baik saja. Sekarang, tergantung dari leadernya, yakni kepala daerah, untuk bisa mengontrol atau menstabilkan harga sembako tersebut. Apakah karena biaya transportasi atau faktor cuaca saat ini,” ujar Taufik yang akrab disapa Taufik Putra Kilat ini.

Harga beras yang biasanya Rp 60 ribu per 5 kg kini harga sudah mencapai Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu.

Politisi PKB itu menambahkan, harga yang tinggi ini bagi warga mampu tidak menjadi masalah. Lain halnya warga yang berpenghasilan kecil dan paspasan. Terlebih jika warga tersebut penghasilannya didapat dari kerja harian.

“Bagaimana kita mau menghadapi Ibu Kota Negara kalau Pemkot Balikpapan tak mampu menstabilkan harga-harga sembako ini, yang kian hari kian melonjak,” ucap Taufik.

“Saya mengimbau Pemkot Balikpapan, khususnya Bapak Wali Kota beserta dinas terkait harus bisa merumuskan ini semua. Apakah kita sudah bekerja sama dengan daerah lain yang memasok sembako tersebut atau belum,” pungkasnya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 8 = 2

Back to top button
×