Nasional

Tiba di Kota Balikpapan, Presiden Joko Widodo Berencana Akan Menuju Titik Nol Kilometer IKN Nusantara

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Bertolak dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kabupaten Sleman, menuju Provinsi Kalimantan Timur(Kaltim) untuk melakukan Kunjungan Kerja (Kunker), Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, kota Balikpapan pada pukul 16:00 WITA, Minggu (13/03/2022).

Kedatangan Presiden beserta rombongan disambut langsung Gubernur Kaltim Isran Noor,
Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto, dan Danlanud Dhomber Kolonel Pnb Sidik Setiyono.

Presiden beserta rombongan langsung menuju salah satu Hotel di Balikpapan sebagai tempat peristirahatan malam ini.

Rencananya Presiden Joko Widodo akan memberikan pengarahan kepada Seluruh Gubernur se- Indonesia yang akan digelar di Hotel Novotel Balikpapan

Agenda ke esok hari, Senin, 14 Maret 2022, Presiden diagendakan langsung menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara bersama seluruh Gubernur di Indonesia.

Presiden Joko widodo akan melakukan serangkaian agenda kerja dan bermalam di lokasi tersebut. Setelah tiba di kawasan IKN, Presiden akan disambut dengan tarian selamat datang Ganjar Ganjur dan prosesi adat Beluluh oleh Sultan Kutai Kartanegara, serta memanjatkan doa.

Rencananya Presiden beserta rombongan akan menuju ke titik Nol Istana Kepresidenan untuk melaksanakan Upacara Prosesi Nusantara Satu dengan kegiatan diantaranya, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Laporan Badan Otorita IKN. Prosesi penyatuan tanah dan air yang sudah disiapkan oleh para Gubernur dari masing-masing wilayah se Indonesia.

Setelah Presiden Joko Widodo memberikan sambutannya akan dilanjutkan dengan doa bersama. Presiden beserta rombongan menuju lokasi penanaman pohon sekitar pukul 12.00 WITA di Kawasan IKN Nusantara. Kemudian Presiden beserta seluruh rombongan melaksanakan makan siang di Kawasan IKN Nusantara.

Setelah pelaksanaan makan siang, Seluruh gubernur (kecuali Gubernur se-Kalimantan) kembali ke Balikpapan dan menuju wilayah masing-masing. Sementara itu, untuk Presiden dan Gubernur se-Kalimantan melanjutkan kegiatan kemah pada malam hari di Kawasan IKN Nusantara.

Keesokan harinya, Selasa 15 Maret 2022 Presiden direncanakan akan menyapa masyarakat dan melaksanakan peninjauan lokasi Vaksinasi (kolaborasi Polda Kaltim dengan Binda Kaltim) di Kecamatan Sepaku di Desa Mentawir dan peninjauan lokasi penanaman bibit. Usai melaksanakan kegiatan itu acara selesai dan Presiden kembali ke Balikpapan dengan menggunakan Helikopter.

Dalam kunjungan ini Presiden Turut didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sumber : (BPMI Setpres)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

44 + = 45

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?