Warga Balikpapan Selatan Sampaikan Keluhan di Reses Simon Sulean

- Jurnalis

Kamis, 14 November 2024 - 12:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pamungkasnews.id, Balikpapan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kota Balikpapan, Simon Sulean, S.E.,M.M yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi I menggelar reses masa sidang I Tahun 2024-2025 di Jalan Daksa Timur, RT 05 dan RT 06, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Rabu (13/11/2024), malam.

Kegiatan serap aspirasi ini dihadiri oleh perwakilan Camat, Lurah Sepinggan, Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB), serta Ketua RT dan warga setempat.

Kegiatan reses merupakan momen penting bagi warga masyarakat untuk menyampaikan berbagai aspirasi dan keluhan terkait kondisi lingkungan yang mereka hadapi sehari-hari.

Dalam sambutannya, Simon Sulean menjelaskan bahwa reses merupakan kesempatan bagi anggota legislatif untuk turun ke lapangan dan berinteraksi langsung dengan warga guna menampung berbagai aspirasi baik itu usulan ataupun permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Reses ini adalah momen bagi saya untuk mendengarkan langsung keluhan dan aspirasi warga. Tentu saja, beberapa aspirasi yang telah disampaikan sebelumnya sudah ada yang terealisasi, meski ada juga yang belum karena keterbatasan anggaran daerah,” ujar Simon.

Simon juga menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah memilihnya kembali dalam pemilu Legislatif kemarin, sehingga ia bisa melanjutkan tugasnya sebagai anggota DPRD Balikpapan. Ini menjadi periode ketiganya di legislatif, dan ia berkomitmen untuk terus memperjuangkan aspirasi warga yang belum terselesaikan.

Baca Juga :  Fauzi Adi Firmansyah: Solusi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg Menjadi Prioritas Utama Komisi II DPRD Balikpapan

Selama kegiatan reses berlangsung, beberapa keluhan dan usulan disampaikan warga baik RT 05 maupun warga RT 06.Salah satunya adalah masalah air bersih, yang hingga kini belum sepenuhnya dirasakan oleh warga Perum Daksa.

Menanggapi hal tersebut, Simon menjelaskan bahwa PTMB telah mengungkapkan produksi air dari Waduk Teritip saat ini masih defisit sekitar 155 liter per detik. Namun, ia menegaskan bahwa pemerintah tengah berupaya untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dengan memanfaatkan suplai air dari Embung Aji Raden yang diharapkan dapat mencukupi kebutuhan air bersih di wilayah Perum Daksa.

“Pemerintah juga sedang menjalin kerjasama dengan tiga daerah lainnya PPU, Samarinda, dan Kukar untuk mengatasi masalah air bersih dengan melakukan pipanisasi dan mengambil sumber air dari Sungai Mahakam,” tambah Simon.

Selain permasalahan air bersih, warga juga menyampaikan keluhan terkait pelayanan BPJS Kesehatan Kelas 3 Gratis. Simon menegaskan bahwa program BPJS Kesehatan Gratis ini diperuntukkan bagi mereka yang termasuk dalam kategori Bukan Penerima Upah (BPU) atau pekerja yang tidak memiliki gaji tetap.

“Terkait dengan pembatasan hari pelayanan rumah sakit, Lurah Sepinggan telah menjelaskan bahwa hal ini merupakan kebijakan dari pusat dan akan disampaikan lebih lanjut kepada Pemkot untuk penanganan lebih lanjut” tututnya.

Baca Juga :  Kunlap Komisi II DPRD Balikpapan, Menyikapi Tantangan Ketersediaan Air Baku dan Solusi yang Diajukan

Selain masalah air bersih dan BPJS, warga juga menyampaikan keluhan terkait infrastruktur jalan yang rusak, serta kurangnya Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Palm Hills.

Dalam hal ini, Simon berjanji untuk berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Dinas PU dan DLH, untuk segera menindaklanjuti keluhan tersebut.

Simon Sulean menegaskan komitmennya untuk terus berjuang demi kepentingan warga, termasuk dalam hal normalisasi aliran sungai yang masih menjadi perhatian di beberapa wilayah.

Saat ini Pemerintah, menurutnya, tengah melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki infrastruktur dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

“Saya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan bahwa persoalan-persoalan yang dihadapi warga dapat segera diatasi. Baik itu masalah air bersih, infrastruktur, maupun pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Dengan semangat yang sama, Simon berharap masyarakat dapat terus memberikan masukan dan dukungan agar dapat bersama-sama membangun Balikpapan yang lebih baik.

Reses ini bukan hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi juga sebagai bentuk komitmen nyata seorang wakil rakyat untuk mendengar dan memperjuangkan aspirasi warganya.

Reportet : Ags

Berita Terkait

Kunlap Komisi II DPRD Balikpapan, Menyikapi Tantangan Ketersediaan Air Baku dan Solusi yang Diajukan
Komisi II DPRD Balikpapan Gelar RDP dengan PTMB dan KKT, Bahas Penyediaan Air Baku
Pasar Inpres Balikpapan dalam Proses Revitalisasi: Komisi II Siapkan Kajian Mendalam
Fauzi Adi Firmansyah: Solusi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg Menjadi Prioritas Utama Komisi II DPRD Balikpapan
Komisi II DPRD Balikpapan Gelar RDP Bahas Persoalan Kelangkaan Gas LPG Subsidi 3 Kg
Perencanaan Pembangunan Pasar Induk Balikpapan 2026, Harus Menyesuaikan Desain untuk Masa Depan yang Lebih Efisien
Reses Anggota DPRD Kota Balikpapan Hj. Kasmah Tampung Aspirasi Warga Graha Indah
Reses Syarifuddin Oddang, Warga Soroti Dampak Pengupasan Lahan Mangrove di Graha Indah
Berita ini 54 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 21 Januari 2025 - 23:49 WIB

Kunlap Komisi II DPRD Balikpapan, Menyikapi Tantangan Ketersediaan Air Baku dan Solusi yang Diajukan

Senin, 20 Januari 2025 - 23:44 WIB

Komisi II DPRD Balikpapan Gelar RDP dengan PTMB dan KKT, Bahas Penyediaan Air Baku

Jumat, 17 Januari 2025 - 01:38 WIB

Fauzi Adi Firmansyah: Solusi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg Menjadi Prioritas Utama Komisi II DPRD Balikpapan

Jumat, 17 Januari 2025 - 01:35 WIB

Komisi II DPRD Balikpapan Gelar RDP Bahas Persoalan Kelangkaan Gas LPG Subsidi 3 Kg

Jumat, 17 Januari 2025 - 01:26 WIB

Perencanaan Pembangunan Pasar Induk Balikpapan 2026, Harus Menyesuaikan Desain untuk Masa Depan yang Lebih Efisien

Berita Terbaru

Balikpapan

DPP SUB Salurkan Bantuan Beras Kepada Warga di Balikpapan

Kamis, 23 Jan 2025 - 19:59 WIB