Opini

Ringankan Beban Masyarakat, Apical Group Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng dengan Harga Murah

Balikpapan, pamungkasnews.com – Apical Group berkolaborasi dengan Kementerian Koordinator Perekonomian dan GIMNI menggelar operasi pasar minyak goreng murah di Halaman Kantor Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Rabu, 29/2021.

Operasi pasar minyak goreng ini adalah sebagai salah satu upaya Apical Group sebagai pengolah minyak kelapa sawit berkelanjutan untuk meringankan beban masyarakat Kota Balikpapan dimasa melonjaknya harga kebutuhan pokok termasuk diantaranya minyak goreng di pasaran.

Kegiatan operasi pasar minyak goreng ini tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat dan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman, Camat Balikpapan Barat, M Arif Fadilah, Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto, Danramil Balikpapan Barat, Mayor Angga Kharisma, dan manajemen PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) yang juga bagian dari Apical Group, Andi Wibowo dan M Jaya Budiarsa.

Pada kegiatan ini, Apical Group menyalurkan minyak goreng berlabel Camar dengan kemasan 1 dan 2 liter yang disalurkan dengan harga Rp 14.000 per liter selama operasi pasar minyak goreng yang rencananya akan berlangsung hingga 7 Januari 2022.

Head of Sosial Security and License Apical Balikpapan, M. Jaya Budiarsa mengatakan, operasi pasar minyak goreng tersebut merupakan bagian dari program Apical Peduli. Kegiatan ini pun akan dilakukan di 6 Kecamatan di Kota Balikpapan secara bergantian dengan kuota sebanyak 20 ribu liter di tahap pertama.

“Kegiatan ini dimulai dari Kecamatan Balikpapan Barat yang merupakan area ring 1, selanjutnya akan dilakukan di Kecamatan-Kecamatan lainnya di Kota Balikpapan dalam bentuk road show”, kata M. Jaya Budiarsa.

Budi menyampaikan, kegiatan operasi pasar tersebut sebagai bentuk sinergi antara Pemerintah, Asosiasi, dan Swasta dalam menstabilkan harga minyak goreng yang sedang melambung saat ini.

“Kami berharap sinergitas ini dapat berkelanjutan demi memastikan pasokan minyak goreng tetap terjaga untuk masyarakat”, ungkapnya.

Ditempat yang sama, Camat Balikpapan Barat, Arif Fadhilah mengapresiasi upaya Kementerian Koordinator Perekonomian bersama dengan pihak Asosiasi GIMNI yang telah mendukung kegiatan pasar minyak goreng murah yang digelar Apical Group.

“Mudah-mudahan upaya meringankan beban masyarakat seperti dalam kondisi saat ini terus berlanjut sampai harga minyak stabil kembali”, kata Arif Fadhilah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman mengatakan, pemerintah sangat mendukung operasi pasar minyak goreng gelaran Apical Group tersebut.

Menurutnya, menjelang pergantian tahun baru 2022 harga minyak goreng dipasaran mengalami kenaikan signifikan. Hal tersebut disebabkan karena adanya kenaikan harga bahan baku crude palm oil (CPO) internasional.

“Terkait kondisi ini, tentu pemerintah khususnya Kementerian Koordinator Perekonomian tidak tinggal diam. Dengan menggandeng Apical dan GIMNI, kita dapat menyediakan minyak goreng dengan harga terjangkau melalui kegiatan pasar minyak goreng untuk meringankan beban masyarakat,” ujar Arzaedi Rachman.

Reporter : Fauzi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

+ 2 = 6

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?